Advertisement

Hari Ini, Batas Terakhir Pembersihan Eks Indra

I Ketut Sawitra Mustika
Minggu, 01 April 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Hari Ini, Batas Terakhir Pembersihan Eks Indra Alat berat merobohkan bekas gedung bioskop Indra di Jalan Malioboro, Jogja, Rabu (28/3). Pembersihan bangunan eks Bioskop Indra ini nantinya akan dibangun gedung berantai 3 yang dipergunakan untuk PKL. Selain PKL juga akan jadi tempat dagangan PKL dan sebagian untuk parkir. Perobohan yang dijaga ketat aparat.(Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pembersihan lahan gedung bekas Bioskop Indra ditargetkan selesai, Minggu (1/4). Mulai Senin (2/4), pelaksana proyek pembangunan sentra pedagang kaki lima (PKL) di area bekas Bioskop Indra bakal mengukur ulang (uitzet) lahan tersebut. Dengan begitu, pembangunan akan dilakukan pada Rabu (4/4).
Saat ini, sebagian besar bangunan bekas Bioskop Indra telah rata dengan tanah. Satu-satunya yang masih berdiri hanya tembok depan bagian selatan. Bagian gedung yang belum roboh itu tersambung dengan tembok rumah milik Sukrisno Wibowo, orang yang mengaku sebagai pewaris sah dari lahan bekas Bioskop Indra dan menentang pembangunan sentra PKL.
Salah satu staf Pelaksana Proyek Sentra PKL, Febrian Widhi, mengatakan bagian depan gedung memang sengaja belum dirobohkan, sebab jika dirobohkan bersamaan dengan menggunakan alat berat, maka ditakutkan akan merusak tembok rumah penghuni sebelah. Pembongkaran sisa gedung akan dilakukan hari ini dengan teknik manual tanpa menggunakan alat berat.
"Kami targetkan pembersihan lahan selesai secepatnya. Ini hari terakhir," kata Febri di lokasi.
Seperti diketahui, Pemda DIY bakal membangun sentra PKL di lahan bekas Bioskop Indra. Rencananya bangunan itu akan terdiri dari tiga lantai.
Lantai paling bawah atau semi basement akan digunakan untuk menyimpan gerobak PKL. Kemudian lantai di atasnya diperuntukkan bagi penjual makanan kering. Adapun Lantai I akan dijadikan pusat suvenir. Sedangkan lantai paling atas akan diisi oleh para penjual pakaian.
Tak jauh dari bangunan utama atau tepatnya di bagian barat gedung utama, nantinya juga akan dibangun taman kuliner. Pengerjaan sentra PKL ditargetkan selesai akhir tahun ini dengan biaya pembangunan mencapai Rp44 miliar.
Pada Rabu (4/4), kata dia, pengerjaan fondasi sudah bisa dilaksanakan. Menurut Febri, gedung yang akan dibangun terlebih dahulu adalah Taman Kuliner. Setelah Taman Kuliner selesai, menyusul kemudian pembangunan gedung utama.
"Kalau yang dibangun di depan dulu, nanti akses bahan-bahan material susah. Yang belakang [Taman Kuliner] gedungnya juga enggak gede. Nanti yang semi basement akan dibangun berbarengan dengan Taman Kuliner," jelas Febri.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement