Advertisement

Hari Pertama UNBK, Kendala Ini yang Terjadi

Abdul Hamied Razak
Senin, 02 April 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
Hari Pertama UNBK, Kendala Ini yang Terjadi Kepala SMK Negeri 3 Kasihan, Rakhmat Supriyono menunjukan salah satu ruang ujian, Senin (2/4). (Ujang Hasanudin/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMK secara umum berjalan lancar. Hanya saja, kode token untuk membuka soal sempat mengalami keterlambatan.
Hal itu dialami salah seorang peserta ujian, Rifky Satya siswa SMKN 5 Jogja jurusan desain komunikasi visual. Menurutnya, kode token seharusnya diberikan pukul 07.30 WIB tetapi (kode token) baru keluar sekitar pukul 07.45 WIB.
"Untung saya enggak panik selama ini ujian dan ulangan sudah menggunakan komputer. Kalau server dan komputer lancar,” kata Rifky usai mengikuti ujian di SMKN 5 Jogja, Senin (2/4).
Dia menjelaskan, soal-soal Bahasa Indonesia yang diujikan lebih mudah dibandingkan soal saat tes pendalaman materi. Hanya saja ada beberapa soal yang dinilai ambigu. "Saya nilai ada yang ambigu. Jadi harus berpikir lama karena pilihan jawaban hampir mirip," katanya.
Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi dan jajarang Dinas Pendidikan (Disdik) beserta Balai Dikmen ikut mengawasi pelaksanaan ujian di SMKN tersebut.
Menurut Heroe, Pemkot sudah berkoordinasi dengan semua pihak seperti PLN agar listrik tidak mati saat UNBK dilaksanakan. Dari laporan Balai Dikmen, katanya, pelaksanaan UNBK pada sesi pertama di Jogja tidak ada gangguan teknis.
"Server maupun aksesnya semua lancar. Listrik juga tidak ada kendala,” ujar Heroe.
Dia menyampaikan jumlah komputer di seluruh SMK di Jogja memadai sehingga tidak ada masalah saat pelaksanaan UNBK. Siswa juga dinyatakan siap mengerjakan seluruh soal berbasis komputer. "Ini dikarenakan mereka sudah terbiasa memakai komputer," katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement