Advertisement

Maling Spesialis Congkel Pintu Mobil Digulung

Irwan A Syambudi
Senin, 02 April 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Maling Spesialis Congkel Pintu Mobil Digulung Sejumlah tersangka dan barang bukti kasus pencurian dengan modus mencongkel pintu mobil dihadirkan saat jumpa pers di Mapolsek Depok Timur, Senin (2/4/2018) - Harian Jogja/Irwan A.Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Aparat Polsek Depok Timur membekuk komplotan pencurian dengan modus mencongkel pintu mobil. Komplotan ini mengincar mobil merek Honda yang sistem pengamannya dinilai mudah dibobol.


Kapolsek Depok Timur, Kompol Novita Eka Sari, mengatakan ada lima tersangka dalam satu komplotan pencuri mobil yang ditangkap. Mereka adalah MS, 48; NA,45; NR, 40; dan MN,36, warga Palembang, Sumatra Selatan, dan YT,40, warga asal Jambi yang tinggal di Kebumen, Jawa Tengah. Mereka ditangkap setelah aparat Polsek Depok Timur menerima laporan pencurian di Bandara Adisutjipto. "Para pelaku mencari mobil merek Honda yang diparkir di area parkir bandara," kata Novita, Senin (2/4/2018).

Advertisement

Para tersangka menjalankan aksinya dengan menguras isi mobil sesuai peran masing-masing. Dalam komplotan ini ada yang bertugas mengawasi, mengintai mobil, ada yang mencongkel pintu, ada yang menjadi sopir dan ada yang bertugas mengambil barang di dalam mobil.

Sebelum melancarkan aksinya, kata Novita, kelima tersangka kerap berputar-putar di sejumlah pusat perbelanjaan menggunakan mobil sewaan. Setelah mendapatkan sasaran, para pelaku langsung membuka pintu mobil dengan menggunakan penggaris besi dan kawat besi sebagai pengait. 

Menurut Novita, selain di Jogja, komplotan ini juga beraksi di Jakarta dan sejumlah kota di Jawa Barat. Di Jogja, para tersangka mengambil dua laptop dan ponsel milik Bintang Purnama, 23, warga Ngaglik, yang ditinggalkan di dalam mobil Honda Jazz bernomor polisi AD 9142 MS. Akibat kejadian itu, korban menderita kerugian Rp25 juta.

Salah seorang tersangka, MS, menjelaskan alasan mengincar mobil bermerek Honda karena alarm mobil ini tidak berbunyi saat pintu dicongkel. "Sasaran kami hanya mobil merek Honda, karena pintu depan bagian kanan tidak berbunyi saat dicongkel," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement