Advertisement

Waduk Sermo Kehilangan Seperlima Area Penampung Air

Beny Prasetya
Senin, 02 April 2018 - 19:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Waduk Sermo Kehilangan Seperlima Area Penampung Air Koordinator Lapangan Petugas Monitoring Waduk Sermo, Novika Prabowo, menunjukkan kondisi Waduk Sermo, Senin (2/4).Harian Jogja - Beny Prasetyay

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Setiap tahun, sedimentasi di Waduk Sermo bertambah sekitar 200.000 meter kubik. Penelitian yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) pada 2016, waduk yang berusia 22 tahun itu mengalami pendangkalan sebesar lima juta meter kubik. Akibatnya, waduk yang seharusnya dapat menampung air 25 juta meter kubik hanya mampu menampung 20 juta meter kubik.

Koordinator Lapangan Petugas Monitoring Waduk Sermo, Novika Prabowo,  mengungkapkan setiap tahun sedimentasi di Waduk Sermo terus bertambah. Akibatnya, sejak 2013 waduk yang berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap ini kehilangan seperlima daya tampung. Sedimentasi terus meningkat seiring kian maraknya praktik penambangan di hulu sungai yang mengalir ke Waduk Sermo. "Sejak 2013 sudah diteliti dan hasilnya sedimentasi sudah mencapai sekitar lima juta meter kubik," katanya, Senin (3/4/2018).

Saat ini, BBWSO terus berupaya memaksimalkan fungsi sembilan cekdam yang ada. Cekdam yang berada di hulu sungai itu diupayakan dapat menahan sedimentasi yang terbawa aliran air. "Pengerukan selalu dilakukan secara rutin di sejumlah cekdam," ujarnya.

Kepala BBWSSO, Tri Bayu Aji, mengungkapkan jajarannya meneliti sedimentasi di Waduk Sermo secara periodik. Meski tingkat sedimentasi cukup tinggi, dia menilai status Waduk Sermo masih aman dan normal.“Sedimentasi di Waduk Sermo masih di bawah ambang batas. Ada beberapa hal yang akan kami lakukan untuk mengendalikan sedimentasi, di antaranya dengan membangun dan memaksimalkan fungsi cekdam,” kata Tri Bayu Aji.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement