Program Tanggap Bencana BPBD Gunungkidul Diapresiasi Pemdes

Simulasi bencana alam, Selasa (3/4/2018). (Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara)
03 April 2018 15:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan Gunungkidul menggelar simulasi bencana di Desa Purwodadi, Tepus, Selasa (3/4/2018). Upaya itu sebagai pemantapan desa tanggap bencana.

Kepala Desa Purwodadi, Sucipto mengapresiasi adanya program desa tanggap bencana tersebut. Menurutnya hal itu bisa menjadi media pembelanjaran warga untuk bisa tanggap dan paham jika bencana datang. "Programnya sangat bagus, selain itu simulasi ini bisa menjadi ajang belajar warga supaya bisa tahu kalau pas bencana itu harus ngapain aja," ujarnya.

Sucipto menambahkan desa Purwodadi memang rawan bencana. Atas hal itu dengan adanya kegiatan program desa tanggap bencana sangat bermanfaat bagi warga. "Di tempat kami rawan longsor, apalagi setelah tahun lalu ada badai cempaka itu, jadinya sekarang bisa lebih paham kalau longsor kembali datang," ucapnya.

Sementara itu salah satu personil tim Destana, Desa Purwodadi, Sulis mengaku banyak pelajaran yang ia petik dari kegiatan tersebut. Anggota bagian logistik ini mengatakan dirinya jadi lebih paham tata cara penanganan saat bencana. "Jadi paham, sehingga besok kalau kaya gini [bencana] terjadi bisa lebih waspada dan kalau ada korban bisa ikut mengatasi," ujarnya.