Advertisement

Festival Selawat dan Hadrah Se-DIY Tahun Ini Diikuti 46 Peserta

Irwan A Syambudi
Minggu, 08 April 2018 - 23:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Festival Selawat dan Hadrah Se-DIY Tahun Ini Diikuti 46 Peserta Penampilan salah satu peserta Festival Selawat dan Hadrah se-DIY 2018. - Istimewa/Panitia

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Festival tahunan selawat dan hadrah se-DIY tahun ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Anwar Ngrukem, Desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Sebanyak 46 peserta grup hadrah turut memeriahkan acara yang digelar Dinas Pariwisata DIY ini.

Ketua Panitia Festival Selawat dan Hadrah se-DIY 2018 Anwar Mustajab mengatakan, acara yang diselenggarakan pada 17-31 Maret 2018 itu diikuti peserta seluruh DIY. Selain dari perwakilan masing-masing kabupaten yakni Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, Sleman, dan Jogja, ada juga perwakilan dari sejumlah kampus di DIY.

Advertisement

“Kami targetkan pesertanya ada 50, tetapi yang melakukan registrasi ulang dan mengikuti lomba ada 46 peserta,” kata dia kepada Harianjogja.com, Minggu (8/4/2018).

Setiap peserta yang terdiri dari 15 orang diharuskan membawakan dua lagu. Lagu pertama adalah lagu wajib yakni berjudul syubbanul wathon yang liriknya tentang cinta tanah air. Kemudian lagu yang kedua, peserta dibebasakan untuk memilih.

“Lagu yang kedua bebas, tetapi karena dalam lomba ini memperebutkan trofi panglima santri, kami menuntut lagu bebas itu diisi tentang panglima santri. Dan panglima santri ya Cak Imin atau Muhaimin Iskandar,” katanya.

Selain memperoleh trofi panglima santri, para pemenang juga mendapatkan hadiah berupa uang. Untuk juara satu mendapatkan Rp5 juta, juara kedua mendapatkan Rp4 juta, dan juara ketiga mendapatkan Rp3 juta. Sementara, sejumlah peserta lain yang tidak mendapatkan juara juga mendapatkan apresiasi berupa uang Rp500.000.

“Ada juga juara favorit yang pemenangnya ditentukan dari hasil undian.” ungkapnya.

Anwar mengatakan, dengan sejumlah hadiah yang diberikan ini diharapkan dapat memotivasi para peserta untuk terus berkarya. Di sisi lain dia juga berharap agar tahun depan festival ini dapat kembali dilaksanakan lebih meriah lagi.

“Harapanya tahun depan semoga semakin meriah dengan besarnya antusiasme peserta dan penonton. Semoga dengan adanya festival hadrah ini mampu merawat, menjaga, dan melestarikan serta membumikan selawat kepada Nabi Muhammad SAW melalui media hadrah,” kata Anwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement