Advertisement

Pembiayaan Ultra Mikro Bantu Modal Pengusaha Kecil Hadapi NYIA

Bhekti Suryani
Selasa, 10 April 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Pembiayaan Ultra Mikro Bantu Modal Pengusaha Kecil Hadapi NYIA Penyerahan plakat kerja sama penyelenggaraan FGD antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan wilayah Provinsi DIY bersama Pemkab Kulonprogo. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bertempat di Aula Adikarto Gedung Kaca, Kompleks Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan wilayah Provinsi DIY bersama Pemkab Kulonprogo menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Mendorong Perkembangan Pelaku Usaha Mikro Melalui Fasilitasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Dalam menyongsong Terwujudnya NYIA.

Acara yang digelar Rabu (4/4/2018) lalu itu diikuti oleh para kepala desa, camat, dan dinas terkait dibuka dengan sambutan Bupati Kulonprogo, yang dibacakan  oleh  Rr Endang Purwaningrum selaku Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kulonprogo.

Dalam sambutannya Endang Purwaningrum mengatakan kurangnya permodalan masih menjadi salah satu permasalahan yang dialami para pelaku UMKM,  oleh karena itu pemerintah hadir melalui berbagai skema bantuan permodalan. Termasuk permodalan untuk usaha kecil di Kulonprogo dalam menghadapi berdirinya bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Di antaranya Kredit Usaha Rakyat dan pembiayaan ultra mikro (UMi). Lebih lanjut disampaikan, pembiayaan UMi bukan merupakan bantuan sosial atau subsidi, melainkan dana bergulir yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inklusi keuangan.

"Sasarannya adalah usaha mikro yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui KUR dengan jumlah pembiayaan paling banyak sejumlah sepuluh juta rupiah per nasabah," kata Rr Endang Purwaningrum dalam sambutannya.

Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil DJPb Provinsi DIY, Aris Saputro, memaparkan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebagai salah satu program pemerintah.

Acara ini juga dihadiri narasumber lainnya antara lain dari para penyalur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yaitu,   Mushonif, Deputi Bisnis Kantor Deputi Bisnis Area Jogja PT Pegadaian, Haryono, Pemimpin Cabang Yogyakarta Permodalan Nasional Madani (PNM), dan Ikhsan dari Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) Kulon Progo. (*)




Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement