Advertisement

Dengan Potensi Wisata Besar, Ini yang Seharusnya Bisa Dicapai DIY

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 11 April 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Dengan Potensi Wisata Besar, Ini yang Seharusnya Bisa Dicapai DIY Wisatawan di Candi Prambanan. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kementerian Pariwisata menganggap DIY punya potensi pariwisata yang besar. Dengan potensi yang dimiliki, seharusnya jumlah wisatawan yang datang jauh lebih banyak dibanding saat ini. Lama tinggal wisata juga seharusnya bisa semakin panjang. Jumlah uang yang dihabiskan turis pun seharusnya bisa lebih banyak.

“Kalau dilihat jumlah wisatawan Nusantara dan asing yang ke DIY, seharusnya bisa lebih banyak, asalkan ini semua dikelola dengan baik. Dikembangkan destinasi baru dan atraksi baru. Sehingga length of stay [lama tinggal wisatawan] bisa tambah, yang biasanya dua hari jadi tambah. Terus yang dulu wisatawan belanja hanya Rp1 juta jadi Rp2 juta atau Rp3 juta,” jelas Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Hiramsyah S. Thaib, Selasa (10/4/2018).

Advertisement

Dari data yang dirangkum Dinas Pariwisata DIY, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke DIY pada tahun 2017 sebanyak 397.000. Sedangkan jumlah wisatawan lokal mencapai 4,7 juta. Target kunjungan memang sudah terpenuhi, tapi tidak untuk lama tinggal wisatawan.

Dari target lama tinggal wisatawan asing yang dipatok 2,69 hari, realisasinya hanya 2,13 hari. Adapun turis lokal, lama tinggalnya selama 1,95 hari. Dari kajian yang dilakukan Pemda DIY, rata-rata uang yang dihabiskan turis di Bumi Mataram sebanyak Rp1,2 juta.

Turis asing, entah itu datang dari Amerika Serikat, Eropa dan lain-lain, kata Hiramsyah datang jauh-jauh ke berbagai wilayah Indonesia untuk melihat kekayaan budaya yang dimiliki daerah setempat. Mereka datang ke Indonesia bukan mencari kemewahan.

“Karena kalau nyari kemewahan di sana lebih mewah. Mereka ke sini cari yang khas. Karena itu ada yang namanya home stay desa wisata.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement