Advertisement

Pemagaran IPL Dimulai, Warga-Polisi Saling Dorong

Uli Febriarni
Rabu, 11 April 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemagaran IPL Dimulai, Warga-Polisi Saling Dorong Sejumlah warga mencoba menghalangi pemasangan pagar bandara di Dusun Sidorejo, Desa Glagah, Rabu (11/4 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pelaksana proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) kembali memasang pagar di lahan Izin Penetapan Lokasi, Rabu (11/4/2018).

Sebelumnya pelaksana proyek juga memasang pagar di sebelah utara Pantai Glagah, tepatnya bagian ujung timur lokasi pembangunan landas pacu, Selasa (10/4/2018).

Advertisement

Pada Rabu, pemasangan pagar dilakukan tak jauh dari rumah salah satu warga penolak NYIA yang masih bertahan, tak jauh dari Jalan Daendels yang sudah ditutup. Pemagaran yang melibatkan ratusan aparat Polres Kulonprogo itu mendapat penolakan dari sejumlah warga dan sukarelawan. Selain melemparkan beberapa jumput beras kepada petugas yang  berjaga, mereka juga berteriak dan menangis. Polisi dan warga sempat saling dorong ketika sejumlah pekerja proyek memasang pagar. "Monggo, ibu, bapak, tolong mundur supaya pekerja proyek bisa bekerja memasang pagar," kata Kabagops Polres Kulonprogo Kompol Sudarmawan kepada warga di sela-sela pengamanan, Rabu.

Akibat aksi saling dorong, sejumlah perempuan yang merupakan warga menangis, dan beberapa warga lainnya meneriakkan takbir.  "Ini lahan kami, tetap kami pertahankan. Lahan ini bukan untuk bandara," kata seorang warga.

Manajer Proyek Angkasa Pura Properti Untuk Pemagaran, Arif Budiman, menerangkan, total panjang pagar yang harus dipasang di IPL NYIA mencapai sekitar 16.000 meter. Menurutnya, masih ada sekitar 400 meter sisa lahan yang belum terpagari karena masih adan warga yang bertahan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement