Advertisement

Lapas Sleman Kelebihan Kapasitas 15 Orang Tiap Bulan

Salsabila Annisa Azmi
Kamis, 12 April 2018 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
Lapas Sleman Kelebihan Kapasitas 15 Orang Tiap Bulan Futsal lapas se DIY di Jogokaryan Futsal, Kamis (12/4/2018). - Harian jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Peningkatan jumlah tahanan di DIY dari tahun ke tahun dinilai tidak signifikan. Menurut data Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenhumkam Yogyakarta, hanya ada satu UPT yang overcapacity setiap bulannya yaitu Lapas 2 B Sleman.

Kepala Divisi Kemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Yogyakarta, Tedja Sukmana, mengatakan setiap bulannya menerima usulan dari Lapas 2 B Sleman untuk memindahkan tahanan.

"Tidak setiap hari, nunggu penuh dulu di sana. Biasanya setiap bulan ada 10 sampai 15 tahanan yang harus dioper ke lapas lain," kata Tedja saat ditemui Harian Jogja saat acara futsal lapas se DIY di Jogokaryan Futsal, Kamis (12/4/2018).

Tedja mengatakan tingkat kriminalitas di Sleman memang yang paling tinggi di antara wilayah yang lain. Namun untuk wilayah DIY lainnya tidak pernah terjadi overcapacity.

"Pembinaan-pembinaan dan acara hut kemasyarakatan seperti lomba futsal terus ditingkatkan, supaya ketika keluar, harapannya bisa jadi pribadi lebih baik, tidak balik lagi," kata Tedja.

Kepala Rutan Wirogunan, Agustiyar Ekantoro, mengatakan di dalam rutan yang dipimpinnya juga ada kegiatan pembinaan untuk menjaga kondisi mental tahanan setelah dibebaskan.

"Ada perlombaan olahraga seperti voli, pingpong, dan nanti akan ditutup dengan pentas seni hiburan," kata Agustiyar. (Salsabila Annisa Azmi)

Caption: futsal lapas se DIY dalam rangka hari bhakti pemasyarakatan ke 54, Kamis (12/4/2018). Merupakan rangkaian kegiatan yang sudah berjalan sejak kemarin, akan ditutup dengan pentas seni di masing-masing lapas.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement