Rumah di Bawah Rp500 Juta Laris Manis di REI Expo 2018

Ilustrasi perumahan. - JIBI
16 April 2018 23:50 WIB Rheisnayu Cyntara Jogja Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA- Gelaran REI Expo 2018 menunjukkan tren positif. Penjualan unit rumah di area pameran yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan DPD Real Estate Indonesia (REI) DIY bertajuk Mandiri Amazing Property Expo 2018 ini lebih baik dibandingkan akhir 2017 lalu.

“Penjualan didominasi oleh unit rumah di bawah Rp500 juta hingga Rp1,5 miliar. Itu artinya pasar middle up mulai terasa menggeliat. Kalau 2017 lalu didominasi penjualan unit apartemen baru,” ujar Wakil DPD REI DIY Bidang Pameran, Khamud Wibisono kepada Harianjogja.com, Senin (16/4/2018).

Ia mengatakan kegiatan tahunan kali ini cukup berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Menurut Wibi baru kali ini, REI mengadakan pameran pada April, bukannya pada pertengahan tahun seperti biasanya. Hal itu dilakukan untuk memacu semangat anggota REI dalam merespons kelesuan pasar properti pada akhir 2017 lalu.

Wibi menyebut hasilnya cukup baik, terlihat dari penambahan jumlah unit yang dipasarkan. Dari sekitar 3.500 unit properti pada tahun lalu menjadi 4.019 unit pada 2018 ini. Tak hanya penambahan unit saja, total penjualan di area pameran pun meningkat. Pada REI Expo 2017, total penjualan di area pameran hingga penutupan mencapai angka Rp12 miliar, kini dapat menembus angka Rp12,46 miliar. “Ini belum sampai penutupan sudah melampaui capaian tahun lalu,” imbuhnya.

Belum lagi, Wibi menambahkan, karakter pasar Jogja biasanya masih akan merespons hingga 1-2 setelah pameran. Artinya penjualan properti diprediksi akan naik hingga pertengahan tahun nanti. Terutama pada masa lebaran dan tahun ajaran baru, keputusan masyarakat untuk membeli rumah biasanya meningkat. “Karena banyak orang luar kota yang masuk untuk beli properti di waktu-waktu itu. Setelah tahun ajaran baru biasanya stagnan sebentar dan kami pacu dengan REI Expo akhir tahun nanti,” ucapnya.

Menilik capaian tersebut, Wibi mengaku optimis dengan bisnis properti tahun ini. Sebab pasar properti Jogja mulai bergairah. Artinya optimisme pengembang dapat ditangkap dengan baik oleh pasar.  Sebagaimana diketahui, pameran properti yang diselenggarakan di Atrium Plaza Ambarrukmo ini akan diselenggarakan mulai 11-16 April 2018 dan diikuti oleh 35 pengembang.

Jumlah unit rumh yang ditawarkan di pameran yang diikuti 35 pengembang :

-Apartemen = 1.671 unit

-Rumah menengah atas= 1.537 unit

-Rumah menengah bawah= 801 unit

-Ruko= 10 unit

Total = 4019 unit

Adplus Tokopedia