Advertisement

Tahun Ini, Pengakses Jamkesus Terpadu Meningkat

Salsabila Annisa Azmi
Rabu, 18 April 2018 - 17:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Tahun Ini, Pengakses Jamkesus Terpadu Meningkat Jamkesus Terpadu, Rabu (18/4/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jamkesos DIY kembali menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus) Terpadu bagi penyandang disabilitas yang memiliki keterangan tidak mampu. Pelaksanaan Jamkesus Terpadu akan terus dilakukan di tahun-tahun berikutnya karena mampu meningkatkan jumlah pengakses secara signifikan.

Kasi Pemeliharaan Kesehatan Jamkesos DIY Agus Priyanto mengatakan, Jamkesus Terpadu bagi penyandang disabilitas di RS DKT Dr Soetarto kali ini dilaksanakan selama dua hari. Prediksi panitia akan ada 100 peserta dari tujuh kecamatan yang mengikuti program tersebut, tetapi jumlah peserta ternyata melebihi target yaitu 250 peserta.

Advertisement

Agus menambahkan peserta masih bisa bertambah karena ada 16 kendaraan penjemputan di lapangan yang masih beroperasi hingga acara selesai. Peserta yang langsung datang ke RS DKT juga diterima.

Agus menambahkan program Jamkesus Terpadu sudah dilaksanakan sejak 2015. Pelaksanaan program terbukti meningkatkan jumlah pengakses jamkesus bagi penyandang disabilitas.

"Sebelum diadakan, yang mengakses hanya 60 orang per tahun. Kemudian 2015 diadakan selama dua hari, pada 2016 pengakses reguler bertambah menjadi 8.900 orang dan pada 2017 menjadi 10.107 orang," kata Agus, Rabu (18/4/2018).

Agus mengatakan jumlah penyandang disabilitas di DIY adalah 3,5% dari total penduduk di DIY. Agus menambahkan, berdasar data Pemkot Jogja, ada sekitar 2.800 penyandang disabilitas di Jogja. "Berdasar data di Jamkesos, 400 di antara 2.800 itu adalah penyandang disabilitas yang memiliki masalah kesehatan. Saat ini sudah 250 yang datang, semoga besok bisa lebih banyak," kata Agus.

Dalam Jamkesus Terpadu bagi penyandang disabilitas yang memiliki keterangan tidak mampu tersebut, diadakan pemeriksaan kesehatan baik secara umum maupun spesialis. Selain itu, disediakan tempat reparasi alat bantu seperti kursi roda, tongkat penyangga, alat dengar, dan kaki palsu. Semua fasilitas dipusatkan di satu tempat untuk memudahkan penyandang disabilitas mengakses bermacam-macam fasilitas dalam satu waktu.

Assesment special dari Roda Untuk Kemanusiaan (RUK) Indonesia Sarwani mengatakan, sejak diadakan Jamkesus jumlah penyandang disabilitas yang mereparasi alat bantu kursi roda langsung naik secara signifikan. "Sebelumnya sangat sedikit per tahunnya, karena belum pada tahu kalau kursi roda harus diperiksa berkala setiap tahun. Setelah diadakan, sejak 2015 sampai saat ini ada 700 pengakses," kata Sarwani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tol Jogja Solo Dilewati 109 Ribu Kendaraan Selama Libur Lebaran 2024

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement