Advertisement

Rakerkomwil III Apeksi Resmi Dibuka Pagi Ini

Abdul Hamied Razak
Kamis, 19 April 2018 - 10:20 WIB
Arief Junianto
Rakerkomwil III Apeksi Resmi Dibuka Pagi Ini Anggota Apeksi Komwil III berfoto bersama saat pembukaan Rakerkomwil III Apeksi di Hotel Melia Purosani, Jogja, Kamis (19/4/2018) - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Rakerkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dibuka Kamis (19/4/2018) pagi ini di Amarta Ballroom Hotel Melia Purosani, Jogja.

Selama kegiatan hingga 20 April, Kota Jogja selaku tuan rumah berupaya mengenalkan keragaman budaya kepada 25 kota anggota Komwil III Apeksi yang hadir. Para peserta juga akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Jogja.

Advertisement

"Selain sebagai kota wisata Jogja juga dikenal sebagai kota budaya dan kota sejarah," kata Ketua Komwil III Apeksi yang juga Walikota Jogja Haryadi Suyuti.

Sebelumnya, sebanyak 25 Walikota dari berbagai daerah mengawali kegiatan Rakerkomwil dengan jamuan makam malam bersama para walikota yang menjadi peserta, pada Rabu (18/4/2018) malam.

Sedianya, jamuan malam tersebut disiapkan secara outdoor di Benteng Vredeburg. Lantaran didera hujan, pelaksanaannya terpaksa dipindah indoor di Taman Pintar.

"Kami sebenarnya ingin mengenalkan Beteng Vredeburg. Karena hujan semua bergotong royong memindahkan acara di Taman Pintar," kata Haryadi.

Keberadaan wadah Apeksi, kata Haryadi, diharapkan mampu meningkatkan daya saing bagi pemerintah kota selama masa otonomi daerah. Apeksi aktif memberikan berbagai usulan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat terkait otonomi daerah.

Pada Pra Rakerkomwil III Apeksi yang digelar 1 Maret lalu, lanjut Haryadi, dirumuskan lima rekomendasi eksternal. Rekomendasi itu akan disahkan dalam sidang Rakerkomwil III Apeksi. Beberapa rekomendasi itu ialah dorongan bagi pemerintah pusat untuk penguatan kelembagaan dan penegasan peran inspektorat sebagai lembaga APIP di daerah serta dorongan transformasi digital di bidang ekonomi daerah.

"Kalau rekomendasi itu disampaikan oleh Apeksi tentu daya dorongnya akan lebih kuat," katanya.

Seluruh hasil sidang dalam Rakerkomwil III Apeksi itu selanjutnya akan diajukan dalam Rakernas Apeksi Pusat di Tasikmalaya pada 2019 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Menyebut Ketinggian Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang Diprediksi hingga 25 Meter

News
| Kamis, 18 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement