Advertisement

BKSDA Amankan Elang yang Ditemukan Warga Hargorejo

Nina Atmasari
Kamis, 19 April 2018 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
BKSDA Amankan Elang yang Ditemukan Warga Hargorejo Petugas BKSDA DIY melakukan pengamatan dalam proses evakuasi elang yang ditangkap Wagimin warga Dukuh Ngulakan Hargorejo Kokap, Selasa (19/4/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY mengamankan elang yang ditemukan Wagimin warga Dusun Ngulakan, Hargorejo, Kokap, Kamis (19/4/2018) pagi.

Kendati telah diamankan BKSDA belum bisa menyimpulkan jenis elang sebesar ayam betina itu.

Advertisement

Polisi Kehutanan Pertama BKSDA DIY, Giono mengatakan BKSDA DIY telah menerima elang temuan Wagimin. Elang tersebut menurutnya bakal dibawa ke Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) terdekat yang berada di Wildlife Rescue Center Kulonprogo.

"Kami akan amankan elang tersebut ke YKAY Kulonprogo," katanya.

Ia juga mengatakan petugas evakuasi belum bisa mengindentifikasi jenis elang tersebut. Pasalnya elang berwarna putih, hitam, disertai coklat itu memiliki ciri khas yang sama antara Elang Sikep Madu atau Elang Brontok.

"Belum bisa dipastikan, namun bisa jadi antara Elang Sikep Madu atau Elang Brontok," katanya.

Tak lupa dirinya berterimakasih ke Wagimin yang bersedia menyerahkan satwa langka tersebut. Menurutnya hal tersebut patut dicontoh karena tindakan Wagimin merupakan salah satu upaya penyelamatan alam.

Sementara Koordinator Proyek Konservasi Wildlife Rescue Kulonprogo Center, Rosalia Setiawati mengungkapkan akan memasukan elang tersebut di ruang karantina. Kemudian dokter satwa di WRC akan melakukan identifikasi.

"Kami karantina terlebih dahulu karena elang nampak lemas dan stres, baru setelah itu bisa diindentifikasi dan diambil sampel darah untuk melihat ada penyakit atau tidak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement