Advertisement

Jelang Liga Indonesia 2, Polda DIY Pertemukan Suporter PSS dan PSIM

Irwan A Syambudi
Jum'at, 20 April 2018 - 08:37 WIB
Nina Atmasari
Jelang Liga Indonesia 2, Polda DIY Pertemukan Suporter PSS dan PSIM Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri berfoto bersama dengan sejumlah perwakilan klub dan suporter saat melakukan pertemuan di Polda DIY, Kamis (19/4/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sejarah perselisihan suporter di DIY sudah berlangsung sejak lama, khususnya antara kubu PSS Sleman dan PSIM. Untuk itu Polda DIY bakal mendamaikan keduanya yang nantinya akan saling bertemu di ajang Liga Indonesia 2.

Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan salah satu upaya agar suasana kompetisi sepak bola tetap aman dan kondusif, pihaknya menggelar pertemuan dengan para suporter dan perwakilan klub untuk membuat komitmen bersama. Masing-masing perwakilan diminta untuk mengikrarkan diri agar menjaga keamanan dan kondusifitas selama pertandingan Liga Indonesia 2.

Advertisement

“Liga Indonesia 2 akan segera dimulai dan ada beberapa klub yang akan main di DIY. Terlebih lagi ada yang nanti main derby antara PSIM dan PPS Sleman. Kita tahu bersama dalam sejarahnya terutama suporternya selalu gontok-gontokan, oleh karena itu kita berupaya untuk Liga Indonesia 2 ini mereka kita akurkan,” kata dia, Kamis (19/4/2018).

Lanjutnya lagi selama ini masyarakat masih dibuat was-was dengan aksi permusuhan antar suporter.  Oleh karena itu agar tidak ada lagi kerusahan di stadion ataupun penghadangan di tengah jalan, maka pihaknya melakukan upaya preventif dengan mengundang perwakilan klub dan suporter.

Para perwakilan dari suporter selain diminta melakukan ikrar untuk menjaga keamanan juga didata identitas dan kontak masing-masing. Hal ini menurut Dofiri sebagai upaya untuk menjaga komunikasi antar pihak keamanan dan suporter berjalan baik.

“Jangan sampai ngomong ada yang di  hadang misalnya di Jalan Godean, tapi ternyata tidak ada. Jangan sampai seperti itu, makannya kalau ada kontaknya masing-masing akan bisa memberikan informasi dengan akurat,” ujarnya.

Di sisi lain terkait dengan izin pertandingan, hal itu berada di tangan panitia pelakasana (Panpel). “Cuma dari sisi keamanan kami akan memberikan pertimbangan, kalau ribut terus nanti seperti apa. Kita akan memberikan masukan,” kata dia.

Namun demikian pada intinya, Polda DIY siap mengamankan seluruh laga baik Liga Indonesia 1 atau 2 yang berlangsung di DIY. Termasuk jika ada kelompok suporter yang merasa tidak aman saat melintas atau berada di titik tertentu, pihaknya akan siap untuk memberikan pengamanan.

Sementara itu, Manajer PSS Sleman, Sismantoro yang hadir dalam acara tersebut mengatakan komunikasi antar suporter dan juga pihak kemananan memang penting untuk dilakukan. Hal ini demi menjaga stabilitas keamanan di DIY agar tetap kondusif.

"Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami akan upayakan untuk terus membangun komunikasi  [dengan tim-tim lain]. InsyaAllah tidak ada [permusuhan dengan suporter tim lain],” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement