Advertisement

Pemilu 2019, PKB Ingin Ulang Kejayaan di 1999

David Kurniawan
Selasa, 24 April 2018 - 13:10 WIB
Laila Rochmatin
Pemilu 2019, PKB Ingin Ulang Kejayaan di 1999 Ilustrasi Pemilu. (JIBI)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--DPC PKB Bantul menargetkan perolehan delapan kursi dalam Pemilu 2019. Untuk mencapai target itu, pengurus partai mulai menjaring bakal calon legislatif (bacaleg) untuk bertarung di pemilu tahun depan.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Bantul Subah Nawawi mengatakan proses penjaringan bacaleg sudah dimulai sejak Sabtu (21/4/2018) lalu dan rencananya dibuka hingga awal Juni mendatang. Menurut dia, ada beberapa prinsip yang dalam penjaringan yakni mencari calon potensial serta memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan.

Menurut dia, dari 45 calon yang akan diusung, PKB sudah mendapatkan 17 bacaleg. Mereka sudah mengambil formulir untuk maju. “Dari 17 nama, dua di antaranya merupakan bacaleg perempuan,” kata Subhan, kemarin.

Menurut dia, untuk Pemilu 2019, partainya menargetkan delapan kursi keterwakilan di DPRD. Jumlah ini menyamai prestasi di Pemilu 1999, karena PKB mendapatkan jatah kursi di DPRD sebanyak delapan anggota. “Kami ingin mengulang prestasi ini. Mudah-mudahan bisa tercapai,” ucapnya.

Subah menjelaskan untuk mencapai target ini tidak mudah karena saat ini jumlah kursi yang dimiliki PKB baru empat wakil. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja keras dari seluruh kader agar mimpi mengulang prestasi di Pemilu 1999 dapat terulang kembali. “Kami akan siapkan kader yang potensial sehingga target tersebut dapat terpenuhi,” kata Sekretaris DPC PKB ini.

Pengurus DPC PKB Bantul Muh Agus Salim meyakini partainya bisa mengulang hasil di Pemilu 1999. Menurut dia, modal besar untuk mencapai target itu tidak lepas dari hubungan baik antara PKB dan jemaah Nahdliyin. “NU dan PKB sedang mesra-mesranya. Dengan modal ini, kami yakin dapat meraih kemenangan besar,” katanya.

Menurut dia, keyakinan semain kuat karena bacaleg yang direkrut memiliki basis massa yang kuat sehingga dapat menjadi senjata untuk mendulang suara dalam pemilu. “Mesin partai sudah dipanasi dan tinggal ngegas untuk mencapai target tersebut,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement