Pemda DIY Akan Bangun Coworking Space, Apa Saja Isinya?

Ilustrasi coworking space. - Ist/Business Insider
25 April 2018 17:37 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY akan membangun coworking space yang berisi berbagai fasilitas. Apa saja?

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Roni Primanto mengatakan, coworking milik Pemda DIY akan berisi berbagai fasilitas seperti komputer dengan kemampuan tinggi, akses internet, dan kamera video. Pemda DIY juga menyediakan fasilitas pelatihan. Bagi komunitas yang akan menggelar pembinaan, bisa menggunakan ruangan yang berkapasitas sekitar 50 orang.

"Kami sediakan peralatan pengembangan industri kreatif. Itu nanti semuanya gratis. Tapi nanti ada pengelolanya. Kami harap pengelola dari masyarakat sendiri atau komunitas. Sehingga kalaupun gratis, tapi dimanfaatkan dengan baik. Artinya tidak sembarangan," kata Roni di Gedung DPRD DIY, Rabu (25/4/2018).

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan, coworking space yang akan dikembangkan Pemda DIY nantinya bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Bagi mahasiswa atau pelajar yang hendak mencari referensi di dunia maya, bisa melakukannya di coworking space.

"Begitu juga yang sedang penelitian. Yang bisnis, yang jualan online bisa memanfaatkan ruangan itu.

Kemudian ruang itu dibiayai sepenuhnya oleh Pemda DIY sehingga masyarakat tidak perlu memikirkan biaya untuk dapatkan akses internet," terang Eko.