Advertisement

70 Petugas Lakukan Bersih Massal Gua Selarong

Salsabila Annisa Azmi
Rabu, 25 April 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
70 Petugas Lakukan Bersih Massal Gua Selarong Gua Selarong, Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pariwisata Bantul mengajak 70 petugas kebersihan obyek wisata se-Bantul melakukan bersih massal obyek wisata Gua Selarong.

Melalui aksi ini, diharapkan terjalin kebersamaan dan kekompakan dari para petugas kebersihan obyek wisata se bantul sehingga target obyek wisata bersih sampah bisa tercapai.

Advertisement

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Bantul, Bangun Rahina, mengatakan beberapa obyek wisata yang menerjunkan tenaga kebersihan dalam aksi tersebut diantaranya adalah obyek wisata Pantai Parangtritis, Pantai Samas, dan Gua Cerme. "Acara berjalan lancar, kami juga ada pembinaan terhadap mereka mengenai kebersihan obwis," kata Bangun ketika dihubungi Harianjogja.com, Selasa (24/4/2018).

Bangun mengatakan sebenarnya setiap hari para petugas kebersihan sudah memiliki jadwal gropyok sampah di obwis masing-masing. Namun aksi kali ini sekaligus menjadi aksi solidaritas mereka membantu petugas kebersihan Gua Selarong. Selain untuk mewujudkan target obwis bebas sampah, harapannya kebersamaan dan persaudaraan antar petugas lama dan petugas baru dapat terjalin.

Bangun menambahkan kegiatan bersih masal obwis sudah dilakukan Dinas Pariwisata Bantul sejak seminggu yang lalu di Gua Cerme. Rencananya seminggu lagi akan diadakan gopyok sampah kembali di obyek wisata lain.

Setelah itu akan dilakukan pemantauan secara periodik terhadap kebersihan seluruh obwis se Bantul. Rangkaian kegiatan tersebut termasuk dalam program Satgas Sampah yang dicanangkan Dinas Pariwisata Bantul.

Selain itu, Bangun menambahkan, Dinas Pariwisata Bantul juga turut aktif menggandeng komunitas anak muda seperti himpunan mahasiswa yang peduli pada lingkungan. "Biasanya ada juga anak muda yang berinisiatif mengadakan program bersih masal di obwis atau pantai, itu juga kami dekati, kami ajak bekerja sama," kata Bangun.

Bangun menambahkan beberapa hari yang lalu Dinas Pariwisata Bantul juga mengajak petugas kebersihan obwis se Bantul studi banding ke obwis Pantai Pacitan dan obwis lainnya di luar DIY. Tujuannya agar kebersihan di obwis luar DIY mampu menjadi tolak ukur sekaligus bahan evaluasi bagi kebersihan obwis di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement