Advertisement

Kartu BPNT Mulai Dibagikan Hari Ini

David Kurniawan
Rabu, 25 April 2018 - 14:10 WIB
Laila Rochmatin
Kartu BPNT Mulai Dibagikan Hari Ini Ilustrasi BPNT. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Bantul akan menyerahkan kartu keluarga sejahtera (KKS) kepada 97.472 keluarga penerima manfaat pada Rabu (25/4/2018) atau hari ini. Kartu itu digunakan sebagai sarana menarik bantuan pangan nontunai (BPNT) yang mulai disalurkan di akhir bulan ini.

Kepala Seksi Bantuan Fakir Miskin dan Korban Bencana, Dinsos P3A Bantul Lestari Hardianingsih mengatakan persiapan penyaluran BPNT sudah dimaksimalkan. Untuk saat ini, rencananya akan disalurkan KKS kepada masyarakat penerima bantuan. Untuk menunjang kelancaran pengambilan bantuan, bank sudah membagikan 187 mesin electronic data capture (EDC) kepada agen pangan yang telah ditunjuk menyalurkan bantuan.

“Untuk agen pangan memang masih ada yang belum menerima karena persyaratan yang dibutuhkan belum lengkap. Tapi untuk tahap awal ini, ada 187 mesin EDC yang dibagikan,” kata Lestari saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/4/2018).

Dia menjelaskan pembagian KKS rencananya dilakukan secara serentak pada hari ini. Nantinya, di dalam setiap kartu sudah terisi uang sebesar Rp110.000 yang bisa digunakan untuk mengambil bantuan di agen-agen yang telah ditunjuk.

Meski demikian, kata Lestari, untuk penyaluran di Bantul tidak bisa serentak karena terkendala tempat sehingga pelaksaanaan diundur satu hari. “Contohnya di Kecamatan Bantul dan Pandak belum ada tempat untuk menyalurkan karena aula di kecamatan digunakan untuk kegiatan yang lain. Jadi rencananya pembagian baru dilakukan 26 April,” katanya.

Menurut dia, persoalan ini bukan suatu hal yang dipermasalahkan karena dalam pengambilan sepenuhnya diserahkan kepada KPM. “Bantuan bisa diambil kapan saja. Yang jelas di dalam kartu yang diserahkan sudah terisi nominal uang Rp110.000,” ucapnya.
Kepala Dinsos P3A Bantul Eddy Susanto mengatakan dalam program BPNT, setiap bulan KPM akan mendapatkan jatah uang Rp110.000. Uang ini rencananya digunakan untuk menebus beras dan telur di agen-agen yang telah ditunjuk.

Menurut dia, program BPNT seharusnya disalurkan di Februari lalu. Namun dikarenakan beberapa persoalan diundur dan baru direalisasikan di April ini. Selama masa transisi pemberian bantuan, KPM setiap bulan diberi jatah bantuan sosial pangan rastra sebanyak sepuluh kilogram per keluarga. “Ini diberikan secara gratis selama program BPNT belum digulirkan,” kata Eddy.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement