Advertisement

Sudah Ada 18 TPS 3R, DLH Sleman Berniat Tambah Lagi

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 25 April 2018 - 13:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sudah Ada 18 TPS 3R, DLH Sleman Berniat Tambah Lagi Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan, DLH Sleman Suryantono. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Sampai saat ini, dari semua desa di Sleman, sudah ada 18  Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Reduce Reuse Recycle (3R). Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman menargetkan ada penambahan jumlah TPS 3R.

Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan, DLH Sleman Suryantono mengatakan, berdasarkan master plan tahun ini DLH menargetkan delapan TPS 3R akan dibangun. "Sudah dianggarkan berdasarkan master plan, tinggal menunggu pembangunannya," kata Suryantono pada Harianjogja.com, Selasa (24/4/2018).

Advertisement

Saat ini sudah ada 18 TPS 3R tersebar di beberapa desa yang ada di Sleman. Pembangunan TPS 3R sudah dilakukan sejak 2013. Menurut Suryantono, masih ada TPS 3R yang kurang aktif.

"Dari yang 18 juga itu ada sebagian yang kurang aktif, karena masalah SDM. Macam-macam permasalahannya, ada yang karena diurus sama sekelompok keluarga, ada juga karena kurang dekat dengan desa," ungkap Suryantono.

Untuk mengatasi permasalahan kurang aktifnya pengelola TPS 3R tersebut, Suryantono terus mendorong pada pihak pengelola agar bisa mengomunikasikan berbagai permasalahan.

"Itu kan sifatnya juga swadaya masyarakat, kalau memang masyarakat merasakan dampak positif, pasti akan dengan mudah mengurusnya," kata Suryantono.

Menurutnya, TPS 3R bisa membimbing juga beberapa kelompok atau bank sampah yang ada di desa tersebut.

DLH akan membeli hasil dari pengolahan sampah dari TPS 3R. "Kami beli kompos dari TPS 3R agar mereka dapat penghasilan juga, selain itu kami dorong agar sampah anorganiknya juga bisa didaur ulang atau diguna ulang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement