Advertisement

Pemkab Bantul Kekurangan 2.643 Pegawai

David Kurniawan
Jum'at, 27 April 2018 - 09:10 WIB
Laila Rochmatin
Pemkab Bantul Kekurangan 2.643 Pegawai Pegawai Negeri Sipil (PNS) berfoto selfie. - Solopos/Ivanovich Aldino

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Bantul belum ideal. Pasalnya, berdasarkan analisa beban kerja yang dilakukan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) tahun lalu, Pemkab masih kekurangan 2.643 pegawai.

Saat ini, total pegawai di lingkup Pemkab mencapai 8.458 PNS. Jika tidak ada tambahan, jumlah tersebut akan terus berkurangan karena ada pegawai yang memasuki masa pensiun. Sebagai contoh di tahun ini ada sedikitnya 450 PNS yang memasuki masa pensiun.

Kepala BKPP Bantul Dany Suswaryanta mengatakan beberapa tahun lalu, PNS di Pemkab tembus di angka 13.000 orang. Namun sejak ada moratorium dan setiap tahun ada pegawai yang pensiun, jumlah pegawai terus berkurang. “Hingga saat ini pegawai yang tercatat di kami ada 8.458 orang,” kata Dany kepada Harian Jogja, Kamis (26/4/2018).

Menurut dia, dengan jumlah tersebut  pegawai di Pemkab belum ideal dan masih membutuhkan tambahan pegawai sebanyak 2.643 orang. Pemkab sudah mengajukan rencana rekrutmen CPNS ke Pemerintah Pusat.

“Sudah kami lakukan analisa dan kekurangan sekitar 2.600 pegawai. Kami juga sudah mengajukan formasi rekrutmen, tetapi untuk persetujuan masih menunggu keputusan dari Pusat,” ucapnya.

Menurut Dany, pengajuan formasi CPNS disesuaikan dengan kekurangan pegawai di Pemkab Bantul. Namun, dia pesimistis kekurangan sebanyak 2.643 pegawai akan terpenuhi. Salah satu pertimbangan, menyangkut beban keuangan negara untuk menggaji pegawai. “Pengalaman yang dulu, tidak pernah sesuai antara permohonan dengan pemberian kuota formasi. Namun, apapun itu, kami siap menerima berapapun jatah yang akan diberikan,” katanya.

Kepala Bidang Formasi, Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan, BKPP Bantul Triyanto menambahkan untuk rencana penambahan pegawai sudah diajukan ke pusat. “Kami tinggal menunggu apakah disetujui atau tidak rencana penambahan pegawai ini,” katanya
Menurut dia, jika berdasar pada informasi yang beredar, pada tahun ini pemerintah berencana membuka rekrutmen CPNS. Hanya, Triyono mengakui hingga sekarang belum ada informasi secara resmi.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menguat Sinyal Megawati Mau Bertemu Prabowo Setelah Rakernas PDIP

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement