Advertisement

41 Perusahaan Buka 5.000 Lowongan di JEC Kebanyakan buat Lulusan SMK

Abdul Hamied Razak
Selasa, 08 Mei 2018 - 01:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
41 Perusahaan Buka 5.000 Lowongan di JEC Kebanyakan buat Lulusan SMK Sejumlah perusahaan membuka lowongan dalam Jobfair Dinas KUKM-Nakertrans Kota Jogja di Jogja Expo Center. Acara dibuka Senin (7/5/2018) dan ditutup Rabu (9/5/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KUKM-Nakertrans) Kota Jogja menggelar Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) 2018 untuk menyerap tenaga kerja, selama tiga hari, sejak Senin (7/5) hingga Rabu (9/5) di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul, DIY Yogyakarta.

Setidaknya ada sekitar 40 perusahaan dan 5.000 lowongan kerja. Lowongan paling banyak didominasi bagi lulusan SMA/SMK dan sarjana.

Advertisement

Kepala Dinas KUKM-Nakertrans Jogja Lucy Irawati mengatakan job fair tersebut diadakan agar dapat mengurangi permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan, khususnya pengangguran di Jogja. "Job fair ini kami gelar untuk membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan," katanya di sela-sela pembukaan Job Fair 2018 di Gedung JEC, Senin (7/5).

Selain mempermudah pencari kerja, job fair tersebut digelar agar perusahaan atau pengguna tenaga kerja dengan mudah mendapatkan tenaga kerja sesuai yang mereka butuhkan. Selama masa pameran, perusahaan dapat langsung melakukan wawancarai calon pekerja. "Tentu sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. Ada lebih dari 40 perusahaan yang ikut dalam kegiatan ini," katanya.

Menurut Lucy angka pengangguran di Kota Jogja sampai saat ini didominasi lulusan SMA/SMK. Berdasarkan data hingga akhir 2017, jumlah pengangguran di Jogja tercatat sekitar 6.100 orang. Jika dibanding tahun sebelumnya, Lucy menyebut, angka pengangguran mengalami penurunan sekitar 8% dan diharapkan kembali turun tahun ini.

"Selain job fair ini kami juga memberikan pelatihan sekaligus pemagangan bagi calon pekerja. Untuk pelatihan dan pemagangan ini, kami bekerjasama dengan beberapa perusahaan," katanya.

Tri Handayani, salah seorang pengunjung mengaku terbantu dengan job fair tersebut. Selain beragam perusahaan yang ikut, fasilitas yang disediakan juga memadai. Calon pekerja bisa langsung mengurus surat kuning di lokasi pameran. "Mudah-mudahan bisa ada yang tembus," kata alumnus jurusan tata boga salah satu SMK di wilayah Bantul ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement