Advertisement

Ini Pesan Mensos Idrus Marham pada Warga Cangkringan

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 12 Mei 2018 - 20:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ini Pesan Mensos Idrus Marham pada Warga Cangkringan Mensos Idrus Marham - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan, wilayah di Indonesia rawan bencana. Ia berpesan agar warga meningkatkan kewaspadaan dan harus lebih ditumbuhkan jiwa sadar bencana.

Idrus Marham mengunjungi Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Umbulharjo, Cangkringan pada Sabtu (12/5/2018) untuk memastikan kesiapan warga di sekitaran Gunung Merapi dalam menghadapi bencana.

Advertisement

"Indonesia ini rawan bencana, makanya harus ditanamkan jiwa sadar bencana, agar penanganan bencana bisa dilakukan dengan baik dan tidak menimbulkan banyak korban," katanya, Sabtu.

Idrus mengatakan, pada 2018 ini sudah ada 946 kali bencana terjadi di Indonesia, sedangkan korban meninggal sebanyak 101 orang. "Di DIY pun semua wilayah rawan bencana, mulai dari Gunung Merapi, potensi longsor, juga puting beliung, itu harus membuat kewaspadaan meningkat," ujarnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, pada kejadian erupsi freatik Gunung Merapi pada pukul 07.43 WIB (12/5/2018) sudah dilakukan tindakan-tindakan penanggulangan.

"Setelah erupsi pada pukul 07.43, langsung ada imbauan untuk mengosongkan radius 5 kilometer, dan warga berupaya menjauh ke tempat kumpul yang sudah ditentukan," ujarnya.

Sri Purnomo mengatakan, saat ini kondisi masyarakat sudah aman. "Kita yakinkan kondisi masyarakat itu sekarang sudah aman dan perekonomian warga sudah berjalan dengan baik," kata Sri Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement