Advertisement

Pemutihan PBB Mulai Diusulkan Pemkot Jogja

Abdul Hamied Razak
Minggu, 13 Mei 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Pemutihan PBB Mulai Diusulkan Pemkot Jogja Ilustrasi pajak - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyaknya wajib pajak (WP) yang mengajukan keringanan untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) direspons oleh Pemkot Jogja. Salah satunya adalah rencana pengusulan pemutihan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jogja Kadri Renggono mengatakan usulan pemutihan tersebut hanya diberlakukan untuk tunggakan PBB pada 1994 yang WP-nya tidak dapat ditemukan. Usulan pemutihan itu, kata dia, bertujuan untuk mengurangi tunggakan PBB yang saat ini berjumlah sekitar Rp50 miliar.

Advertisement

Kadri mengatakan total tunggakan itu termasuk akumulasi dari tunggakan wajib pajak ketika PBB ditangani Kantor Pajak Pratama (KPP) Jogja yang nilainya sekitar Rp34 miliar.

"Kami akan mengusulkan pemutihan atau penghapusan tunggakan PBB itu. Kami akan telaah dan cermati lagi data-datanya. Kebanyakan tunggakan PBB tahun-tahun lama seperti pada 1994," kata Sabtu (12/5/2018).

Dia mengatakan penghapusan tunggakan itu harus dilakukan secara prosedural. Terdapat beberapa kriteria tunggakan yang bisa dihapus.Misalnya keberadaan WP sudah tidak terdata dan tidak ditemukan. Peralihan objek pajak dilakukan berkali-kali sehingga sulit untuk melacaknya. Selain itu, mekanisme penghapusan PPB diusulkan terlebih dulu ke walikota. Jika disetujui maka tunggakan tersebut akan dihapus.

Usulan penghapusan tunggakan tersebut diakuinya mengacu pada Peraturan Wali Kota (Perwal) No.19/2015 tentang Penghapusan Piutang Daerah. Perwal itu mengatur tata cara penghapusan piutang daerah untuk semua jenis piutang yang menjadi kewenangan daerah meliputi kewajiban pokok pajak, pokok retribusi, pokok piutang lainnya, bunga dan/atau denda administrasi yang tertunggak, sampai dengan tanggal terakhir perhitungan pembebanan hutang.

Kendati berpayung hukum, namun penghapusan tunggakan PBB itu tetap menerapkan prinsip kehati-hatian. "Kalau dari pencermatan kami, ada sekitar 35 wajib pajak PBB yang akan diusulkan dihapusan tunggakannya tahun ini. Nilai tunggakannya Rp50 juta. Nilainya memang tidak signifikan, tapi itu bisa mengurangi total tunggakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement