Advertisement

Sayang Sekali, UKM Jogja Banyak yang Belum Maksimalkan Penjualan Online

Abdul Hamied Razak
Minggu, 13 Mei 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Sayang Sekali, UKM Jogja Banyak yang Belum Maksimalkan Penjualan Online Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KUKM-Nakertrans) Jogja mendorong pelaku usaha mikro kecil untuk melakukan pemasaran secara online. Hal itu perlu dilakukan untuk mendukung pemasaran dengan cara konvensional.

Kepala Bidang UKM Dinas KUKM-Nakertrans Jogja Tri Karyadi Riyanto mengatakan saat ini terdapat sekitar 75% pelaku UMKM yang melakukan pemasaran secara online. Itupun didominasi pelaku usaha yang bergabung dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jogja.

Advertisement

Sayangnya, dari jumlah tersebut belum semua dari pelaku usaha yang fokus melakukan pemasaran produknya secara online. "Hanya sekitar 50 persen yang fokus dan menjadikan pemasaran secara online sebagai alat pemasaran utama mereka," katanya kepada wartawan, Sabtu (12/5).

Tri menjelaskan pelaku UMKM yang fokus pada pemasaran secara online sejauh ini hanya yang mampu memproduksi barang dalam jumlah banyak dan teratur. Artinya mereka memiliki stok produk yang siap dipesan dan langsung dikirim ke konsumen. Selain memiliki online shop sendiri, tidak sedikit juga yang memanfaatkan aplikasi toko online atau e-commerce. "Ini tidak hanya kerajinan ya, tapi juga dari sektor kuliner," katanya.

Menurutnya masih ada sejumlah persoalan yang dihadapi untuk pemasaran secara online. Misalnya bisa jadi pelaku UMKM belum punya rekening bank. Seringkali transaksi online ingin menggunakan bank yang sama. Belum lagi masalah tampilan foto produk atau deskripsi produk yang kurang menarik.

"Ini menjadi kendala pemasaran secara online. Ambil foto produk secara asal, padahal harus menarik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement