Advertisement

Mensos Idrus Marham: Penanganan Bencana Harus Keroyokan

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 13 Mei 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Mensos Idrus Marham: Penanganan Bencana Harus Keroyokan Mensos Idrus Marham - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mengatakan, pola penanganan bencana harus berubah. Menurutnya, penanganan bencana haruslah dilakukan secara terpadu.

"Kita harus terpadu dan tidak bisa sendirian, tapi keroyokan. Saya ingin terbiasa gotong royong, jangan sampai ketika bencana semua malah berpangku tangan," ungkapnya ketika Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sabtu (12/5/2018).

Advertisement

Idrus mengatakan, pola penanganan bencana haruslah diubah, jangan sampai bergerak menangani bencana setelah bencana itu terjadi dan membuat banyak korban. Namun, seharusnya, langkah-langkah kewaspadaan dilakukan sebelum bencana terjadi.

Selain itu Idrus berpesan agar tiap daerah menginventarisasi beberapa wilayah yang masuk rawan bencana. "Daerah harus tau di mana saja kira-kira wilayah yang masuk rawan bencana," ujar Idrus.

Idrus Marham juga memberikan bantuan berupa logistik untuk penanggulangan kebencanaan. "Ini pesan dari Presiden Jokowi agar setiap ada bencana, pastikan semua kebutuhan warga terpenuhi," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan kejadian erupsi freatik Gunung Merapi pada pukul 07.43 WIB (12/5/2018) sudah dilakukan tindakan-tindakan penanggulangan. "Setelah erupsi pada pukul 07.43 WIB, langsung ada imbauan untuk mengosongkan radius lima kilometer, dan warga berupaya menjauh ke tempat kumpul yang sudah ditentukan," ujarnya.

Sri Purnomo mengatakan, saat ini kondisi masyarakat sudah aman. "Kita yakinkan kondisi masyarakat itu sekarang sudah aman dan perekonomian warga sudah berjalan dengan baik," kata Sri Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement