Advertisement

Jumlah Tilang di Gunungkidul Tahun Ini Meningkat

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 13 Mei 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Jumlah Tilang di Gunungkidul Tahun Ini Meningkat Ilustrasi razia pengendara lalu lintas. - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Jumlah tilang dalam Operasi Patuh Progo 2018 meningkat ketimbang tahun lalu. Peningkatan terjadi baik dalam hal penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem tilang maupun dengan teguran tertulis.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengatakan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem tilang tahun ini mencapai 3.488, naik sebesar 1,94% dari tahun lalu. Sedangkan penindakan dengan teguran tertulis sejumlah 485 yang meningkat sebanyak 5,71% dari 2017.

Advertisement

Peningkatan tersebut salah satu yang paling berperan adalah semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Gunungkidul. Hal ini diakinya memicu pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas.

Dalam Operasi Patuh Progo 2018, Polres Gunungkidul dalam menerapkan 50% penindakan, upaya preventif sebesar 25%, dan preemtif sebesar 25% dengan target operasi jalan umum Wonosari-Bunder Patuk.

“Tujuan operasi ini untuk tercapainya kamseltibcarlantas [keamanan keselamatan ketertiban lalu lintas] di wilayah Gunungkidul,” ucap dia, Minggu (13/5/2018.

Dalam Operasi Patuh Progo kali ini jenis pelanggaran yang paling dominan adalah menyangkut kelengkapan surat-surat kendaraan 874; pelanggaran helm 625; pelanggaran sepeda motor tidak menyalakan lampu utama 627; pelanggaran kelengkapan kendaraan ada 399; serta pelanggaran peruntukan 324.

Profesi pelanggar rangking teratas dari kalangan non-PNS dan nonaparat sebanyak 1.809 orang, pelajar/mahasiswa sebanyak 1.079, dan PNS sebesar 167, pengemudi 144. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama digelarnya Operasi Patuh Progo 2018 di wilayah Gunungkidul ada 19 kejadian.

“Kecelakaan itu menyebabkan dua orang meninggal dunia, satu orang luka berat, dan 20 orang mengalami luka ringan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement