Advertisement

Kualitas Pelayanan Hotel Nonbintang dan Restoran di Sleman Harus Dibenahi

Irwan A Syambudi
Rabu, 16 Mei 2018 - 16:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kualitas Pelayanan Hotel Nonbintang dan Restoran di Sleman Harus Dibenahi Ilustrasi pelayanan sajian di hotel - Harian Jogja/Holy kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisata di Kabupaten Sleman, perlu ada upaya meningkatkan pelayanan hotel dan restoran sebagai salah satu penunjang wisata. Untuk itu, hotel dan restoran harus segera meningkatkan standar kualitas pelayanan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengakui belum semua hotel dan restoran yang ada di Sleman memiliki kualitas pelayanan standar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, terutama hotel berkategori non-bintang.

Advertisement

Penegasan itu disampaikan Bupati saat memberikan sambutan dalam Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (DPC PHRI) Sleman periode 2018-2023 di Pendopo Parasamya, Sleman, Rabu (16/5/2018). Bupati menekankan perlu ada pembenahan layanan. “Ini [pelayanan hotel dan restoran] harus segera dibenahi dan menjadi tugas bagi para pelaku wisata, terutama pengurus PHRI Sleman,” kata dia.

Sri Purnomo berharap PHRI Sleman mampu menjalin komunikasi yang baik antara pelaku bisnis di bidang hotel dan restoran berbintang maupun non-bintang. Dengan demikian nantinya hotel dan restoran yang belum memenuhi standar yang baik mampu menyesuaikan dan terus meningkatkan kualitasnya.

Di sisi lain, Bupati berpesan agar pengusaha dapat bersaing secara sehat sehingga membawa dampak yang baik terhadap daerah. “Satu hal yang penting untuk diperhatikan, kita maju bersama-sama jangan sampai bersaing tidak sehat tetapi berkompetisi yang sehat untuk saling memberikan pelayanan yang bagus sehingga berdampak baik,” kata Bupati.

Ketua terpilih DPC PHRI Sleman, Joko Paromo, mengakui masih banyak hotel dan restoran di Sleman yang perlu dibenahi, khususnya dalam hal standar pelayanan. Oleh karena itu, harus segera ada pembenahan dan peningkatan kualitas.

PHRI Sleman bakal segera melakukan pendataan guna mengetahui apa yang pelaku usaha hotel dan restoran butuhkan untuk memperbaiki standart pelayanan. Sehingga kekurangan mereka bisa dibenahi," kata dia.

Selain itu para pemilik hotel yang belum sesuai standar diminta proaktif dan terus melakukan komunikasi serta dapat menjalin sinergi untuk bersama-sama dan bahu membahu dalam mengembangkan dan memajukan pariwsata di Sleman. “Dengan begitu, kekurangannya segera dapat dibenahi sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement