Advertisement

Disdukcapil Jogja Akan Datangi Sekolah-Sekolah untuk Rekam Data E-KTP Siswa

Salsabila Annisa Azmi
Jum'at, 18 Mei 2018 - 16:37 WIB
Nina Atmasari
Disdukcapil Jogja Akan Datangi Sekolah-Sekolah untuk Rekam Data E-KTP Siswa Ilustrasi KTP elektronik./Harian Jogja - Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Saat ini ada 1,7% warga belum melakukan perekaman E KTP. Sebanyak 50% diantaranya merupakan pemula yang harus dilakukan upaya jemput bola proses perekamannya demi mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja, Sisruwadi mengatakan ada 2500 wajib E KTP pemula berusia 17 tahun yang belum melakukan perekaman.

Advertisement

Oleh karena itu Disdukcapil akan melakukan jemput bola ke SMA se-Kota Jogja setelah lebaran. "Sekolahnya sudah kami data baik negeri maupun swasta. Nanti kunjungannya akan dijadwal per sekolah," kata Sisruwadi, Jumat (18/5/2018).

Sisruwadi mengatakan armada yang diterjunkan hanya ada satu. Dalam sehari armada tersebut akan melakukan perekaman E KTP di satu sekolah. Syaratnya siswa harus membawa fotokopi kartu keluarga. Rencananya armada keliling tersebut akan berjalan setelah lebaran tepatnya awal Bulan Juli.

Sisruwadi mengatakan langkah jemput bola akan dilakukan saat mengejar target Kartu Identitas Anak (KIA). Apalagi tahun Pemilu semakin dekat. Pemkot Jogja memang menargetkan semua pemula memiliki E KTP dan bisa mengikuti Pemilu. "Supaya semua bisa berpartisipasi di Pemilu," kata Sisruwadi.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta Rudy Prakanto mengatakan sudah mendengar rencana tersebut. Namun belum ditemukan Surat Edaran (SE) dari Pemkot Jogja. "Nantinya memang akan dilakukan jemput bola, itu benar. Nanti prosesnya juga tidak akan mengganggu pembelajaran," kata Rudy.

Rudy mengatakan nantinya proses perekaman akan dilakukan secara bergantian perkelas. Satu kelas akan melakukan perekaman secara bergantian para siswanya. Setelah melakukan perekaman beberapa menit, siswa dipersilakan masuk kembali ke kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement