Advertisement

Ini Penyebab Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo Tak Kunjung Beroperasi

I Ketut Sawitra Mustika
Jum'at, 18 Mei 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Penyebab Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo Tak Kunjung Beroperasi Pelabuhan Tanjung Adikarto. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Mulai dibangun sejak 2005 silam, Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto, Kulonprogo hingga kini belum juga beroperasi. Breakwater (pemecah ombak) yang kurang panjang adalah biang keladi utama.

Biaya yang dibutuhkan untuk menambah break water cukup besar, sementara anggaran pembangunan dari Pemerintah Pusat semakin sulit cair. Sebagai solusi, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mulai menjajaki skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Advertisement

"Kami sedang mencoba skema KPBU, mau kerja sama dengan BUMN. Tapi, Masih dihitung dulu. Kan bangunan yang sudah terbangun harus dinilai. Untuk bisa beroperasi dihitung berapa yang dibutuhkan? kemudian yang dikerja samakan dihitung, kira kira kontribusi ke pemerintah berapa?" ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) DIY Bayu Mukti Sasongko melalui sambungan telepon, Jumat (18/5/2018).

Bayu mengungkapkan, kendala utama yang menyebabkan Pelabuhan Tanjung Adikarto urung beroperasi adalah breakwater yang kurang panjang. Sementara untuk bangunan darat sudah hampir jadi seluruhnya. Kurang panjangnya breakwater lantas menyebabkan sedimentasi di sekitar kolam pelabuhan, sehingga kapal tidak bisa masuk, karena kedalaman muara sungai terlalu dangkal.

Seperti diketahui, pelabuhan Tanjung Adikarto memanfaatkan muara Sungai Serang sebagai pintu masuk ke kolam pelabuhan. Ketika muara sungai mengalami pendangkalan, kapal-kapal besar otomatis tidak punya akses masuk pelabuhan.

Untuk menambah panjang breakwater butuh dana yang tidak sedikit. Bayu menyebut perlu setidaknya uang sebanyak Rp450 miliar untuk menambah panjang break water agar bisa memenuhi kebutuhan. "Karena itu nanti dicari siapa [perusahaan] yang sanggup masang breakwater." Jelasnya.

Bayu tak berani menargetkan kapan Pelabuhan Tanjung Adikarto bisa beroperasi, sebab proyek ini menyangkut banyak kepentingan banyak pihak. Ia hanya berharap, pada 2019 nanti, skema KPBU bisa diwujudkan, sehingga pada tahun itu lelang bisa dilaksanakan, agar tahun berikutnya, penambahan break water bisa dilakukan. "Itu kalau prosesnya lancar. Lelang soalnya juga bisa gagal."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement