HUT Gunungkidul Habiskan Anggaran Sebanyak Ini

Lomba lari 5K menyemarakkan HUT Gunungkidul ke-187, Sabtu (12/5/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
18 Mei 2018 06:50 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Rangkaian Hari Jadi Gunungkidul ke-187 yang diisi dengan berbagai kegiatan menalan anggaran Rp289juta. Dana tersebut digunakan untuk kegiatan menyambut HUT yang jatuh pada Minggu (27/5/2018).

Ketua Pelaksana HUT ke-187 Gunungkidul, yang juga merupakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gunungkidul, Sudodo mengatakan pada dasarnya konsep yang ditawarkan dari HUT Gunungkidul kali ini untuk masyarakat.

“Pesan dari ibu [Bupati Gunungkidul, Badingah] ulang tahun Gunungkidul harus menjadi milik masyarakat Gunungkidul, semua lapisan masyarakat terlibat dalam perayaan ini,” kata Sudodo, Kamis (17/5/2018).

Ia mengatakan anggaran tersebut tidak terlalu membengkak, dengan banyaknya kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat semisal penyerahan alat bantu dengar dan kursi roda, berbagai kegiatan perlombaan, apresiasi, kegiatan Expo UMKM dan penampilan kesenian dimana pada kegiatan tersebut perputaran uang ditaksir hingga Rp1 Miliar, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Penampilan wayang mungkin dilihatnya mahal, namun dampaknya banyak juga untuk masyarakat. Misal saat pagelaran wayang pasti banyak orang yang jualan ada perputaran uang disana. Pagelaran wayang memberi pesan-pesan yang baik juga pada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya pengelola wisata jika dapat memanfaatkan momen rangkaian HUT Gunungkidul ini dapat menjadikan daya tarik sendiri bagi wisatawan, sehingga dapat menambah pemasukan bagi masyarakat.

Ia berharap di momen ulang tahun ini, Gunungkidul semakin maju. Apa yang telah dirintis dari Bupati yang terdahulu dan Bupati saat ini semakin baik. “Dulu Gunungkidul dilihat orang daerah yang sering kekeringan, pendidikan rendah. Tetapi sekarang sudah lebih maju, wisata sangat maju dan anak muda bangga menjadi warga Gunungkidul,” katanya.

Ketua LSM Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami), Rino Caroko dengan anggaran sebanyak itu menurutnya masih wajar untuk ukuran Kabupaten, namun ia juga menekankan anggaran sebanyak itu diutamakan untuk kegiatan-kegiatan yang nantinya berimbas ke masyarakat.

“Harus kembali ke masyarakat lagi nantinya perayaan HUT Gunungkidul ini, contoh kegiatannya memberikan bantuan air ke masyarakat mengingat saat ini mulai masuk musim kemarau. Terlebih sekarang baru isunya terorisme, harapannya tidak diisi dengan hura-hura,” ucapnya.

Pada dasarnya Rino mengatakan tidak masalah dengan anggaran sebesar itu asal nanti pada pertanggungjawaban diakhir juga sesuai tidak ada penyelewengan-penyelewengan.

Ad Tokopedia