Advertisement

Ini Jam Pelayanan Publik di Disdukcapil Bantul selama Ramadan

David Kurniawan
Sabtu, 19 Mei 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Ini Jam Pelayanan Publik di Disdukcapil Bantul selama Ramadan Ilustrasi pelayanan publik. - Solopos/Ivanovich Aldino

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Pelaksanaan ibadah puasa tidak menganggu layanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bantul. Sesuai dengan edaran bupati, peruabahan hanya pada waktu pelayanan yang lebih pendek dari biasanya.

Kepala Disdukcapil Bantul Bambang Purwadi mengatakan, secara prinsip pelayanan adminduk berjalan seperti biasa. Sebab, dalam pelayanan seluruh permohonan masyarakat yang berkaitan dengan adminduk akan tetap dilayani. “Tidak ada yang beda dan semua urusan kependudukan dari warga akan dilayani,” kata Bambang, kemarin.

Advertisement

Meski demikian, lanjut dia, selama puasa waktu pelayanan akan berbeda dari hari biasa. Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bantul No.451/02120/ORG tentang Seruan Menyambut Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriyah, ada perubahan jam kerja. Hal ini pun berpengaruh terhadap waktu pelayanan di disdukcapil.

“Selama puasa jam kerja dikurangi. Jadi, kami lakukan penyesuaian, namun untuk pelayanan tetap berjalan seperti biasa,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Bantul Riyantono mengatakan, surat edaran bupati terkait dengan bulan puasa sudah diedarkan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah. Dalam edaran tersebut bagi ASN yang bekerja di instansi yang menerapkan lima hari kerja, maka jam kerja selama Ramadan berlaku mulai pukul 07.30-14.30 WIB untuk Senin-Kamis. Sementara Jumat mulai pukul 07.30 WIB-12.00 WIB.

Sedang untuk instansi yang menerapkan enam hari kerja, maka jam kerja yang berlaku pukul 07.30-13.30 WIB untuk Senin-Kamis, Jumat pukul 07.30-11.30 WIB, dan Sabtu pukul 07.30-12.00 WIB.

“Jadi kalau dikalkulasi antara jam kerja bagi yang menerapkan lima hari kerja maupun enam hari kerja tetap sama, yakni 32,5 jam dalam sepekan,” katanya.

Dia pun berharap perubahan jam kerja selama puasa tidak berpengaruh terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemkab Bantul. “Tepat harus fokus dalam bekerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement