Advertisement

Dishub Kota Jogja Akan Lakukan Kajian Volume Capacity Ratio Jalan

Kusnul Isti Qomah
Senin, 21 Mei 2018 - 14:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Dishub Kota Jogja Akan Lakukan Kajian Volume Capacity Ratio Jalan Suasana lalu lintas di jembatan layang Lempuyangan, Sabtu (19/5/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja tahun ini akan melakukan pemutakhiran data terkait volume kendaraan sejumlah ruas jalan utama.

Hasil penghitungan kinerja jalan tersebut akan menjadi basis data bagi Dishub untuk menyusun kebijakan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Advertisement

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Jogja Golkari Made Yulianto menjelaskan, angka perbandingan antara volume dengan kapasitas (volume capacity ratio) ruas sejumlah jalan di Jogja cenderung meningkat. Kondisi tersebut menunjukkan adanya peningkatan kepadatan lalu lintas.

"Kami akan hitung bagaimana angka VC Ratio dan kecepatan kendaraan di ruas jalan tersebut. Hasilnya akan digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan lalu lintas," katanya, Sabtu (19/5/2018).

Dia menjelaskan, di kawasan perkotaan hampir tidak ada penambahan ruas jalan baru atau penambahan kapasitas jalan. Padahal, jumlah kendaraan terus mengalami peningkatan. Secara kasat mata masyarakat merasakan adanya peningkatan angka VC Ratio ini.

"Ada beberapa kawasan yang VC Rationya meningkat. Salah satunya yang cukup signifikan berada di kawasan Malioboro," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement