Advertisement

Andong dan Becak Harus Gantian untuk "Ngetem" di Malioboro

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 22 Mei 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Andong dan Becak Harus Gantian untuk Wisatawan menumpang becak maupun andong untuk berbelanja oleh-oleh khas Jogja di Jalan Rotowijayan, Yogyakarta. - Harian Jogja/ Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Perhubungan Kota Jogja mengimbau para pengendara becak dan kusir andong merundingkan mekanisme pergantian menempati cerukan di sekitar Malioboro.

Pasalnya cerukan yang disediakan untuk andong berkapasitas 27 dan untuk becak sekitar 57, tentu dengan kapasitas tersebut mereka harus bergantian ngetem di cerukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja Golkari Made Yulianto. Yulianto menambahkan nantinya andong dan becak masih bisa melewati Malioboro.

"Tapi parkirnya [menunggu penumpang] enggak boleh di tempat selain cerukan yang tersedia. Jadi memang harus gantian," kata Yulianto saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (21/5/2018).

Yulianto mengatakan nantinya lokasi parkir andong akan berada di Jalan Perwakilan dan becak berada di dekat parkir Abu Bakar Ali. Mengenai Becak Motor (Bentor) yang akhir-akhir ini kerap melintasi Malioboro, Yulianto mengatakan setelah Malioboro menjadi pedestrian hal tersebut akan dilarang. Bagi pengendara Bentor yang melanggar akan ditindak tegas.

Sebelumnya, salah satu kusir amdong, Martopo, mengatakan di Jogja ada sekitar 450 andong. Menurutnya butuh waktu 10 hari supaya seluruh andong bisa merasakan rezeki Malioboro apabila kebijakan kapasitas ceruk ditetapkan.

"Terus selama nunggu masuk Malioboro mau cari uangnya gimana? Ya itu entahlah besok prakteknya gimana," kata Martopo, Sabtu (19/5/2018).

Paguyuban andong pun sampai saat ini belum merundingkan mekanisme pergantian yang dimaksud.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Amankan Aksi Demo di Jakarta, Ribuan Personel Gabungan Polri, TNI dan Dishub Diterjunkan

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement