Advertisement

RSUD Buka Layanan Spesialis Urologi, Ini Jenis Penyakit yang Bisa Ditangani

David Kurniawan
Kamis, 24 Mei 2018 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
RSUD Buka Layanan Spesialis Urologi, Ini Jenis Penyakit yang Bisa Ditangani Suasana layanan spesialis urologi di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Kamis (24/5/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati, Bantul membuka klinik pelayanan spesialis urologi mulai Senin (21/5/2018). Penambahan pelayanan ini sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Medis, RSUD Panembahan Senopati Attobari mengatakan, pelayanan spesialis urologi adalah ilmu kedokteran yang fokus menangani penyakit saluran kencing mulai dari ginjal hingga saluran kencing terluar.

Advertisement

Menurut dia, penambahan layanan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, juga sebagai upaya mempermudah bagi pasien untuk mendapatkan perawatan.

“Unit layanan spesialis urologi masih jarang dan jumlah penderita di masyrakat sangat banyak. Jadi, dengan pembukaan ini maka warga tidak harus jauh-jauh berobat karena bisa datang ke RSUD,” kata Attobari kepada Harianjogja.com, Kamis (24/5/2018).

Menurut dia, dengan tambahan pelayanan ini, maka di RSUD Panembahan Senopati terdapat 22 poli atau klinik pelayanan yang siap memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat. Attobari pun berharap dengan peningkatan mutu pelayanan maka visi misi dari RSUD untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien dapat diwudujkan.

“Kita terus berusaha meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana berkualitas. Salah satunya dengan tambahan pelayanan spesialis urologi,” ungkapnya.

Dokter Penanggungjawab Layanan Spesialis Urologi, RSDU Panembahan Senopati, Gaeta Nurprimavera mengatakan, layanan ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur No.273/2019. Layanan spesialis urologi dilaksankaan Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Dia menjelaskan, layanan spesialis urologi sangat penting karena selain penderitanya banyak, juga masuk dalam kategori mematikan. “Contohnya kanker prostat masuk lima besar penyakit mematikan di dunia,” katanya.

Menurut Gaeta, penderita penyakit saluran urologi mulai dari ginjal, kencing batu, kanker prostat hingga tumor butuh penangan serius sehingga dampaknya tidak fatal.

“Penangan disesuaikan dengan fase penyakit yang diderita pasien. Bisa saja perawatan hanya menggunakan obat, tapi kalau sudah parah bisa diambil tindakan melalui operasi,” ungkapnya.

Meski baru, kata dia, layanan spesialis urologi di RSUD akan terus dtingkatkan. Salah satunya dengan mendatangkan peralatan medis dari Jerman untuk mempermudah dalam perawatan. “Baru dipesan dan mudah-mudahan Juni nanti sudah datang dan bisa segera digunakan untuk melayani pasien,” kata Gaeta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemlu Tanggapi Anggota Komite HAM PBB Terkait Netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement