Advertisement

Duh, Masjid di Tepus Bingung Cari Air

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 25 Mei 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Duh, Masjid di Tepus Bingung Cari Air Takmir Masjid Miftahul Jannah, Ngadiyo mengecek ketersediaan air di bak penampungan masjid, Jumat (25/5/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Musim kemarau yang berbarengan dengan bulan Ramadan, menyebabkan jamaat di Masjid Miftahul Jannah, di Dusun Blekonang 1, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, kesulitan mendapatkan air.

Takmir Masjid Miftahul Jannah, Ngadiyo mengatakan pada saat bulan Ramadan seperti ini jamaah masjid semakin meningkat, sehingga kebutuhan untuk air wudu maupun kegiatan lainnya semakin banyak. Namun yang terjadi saat ini justru pemenuhan air sulit.

Advertisement

“Saat masuk musim kemarau memang daerah sini sulit air. [Instalasi] PDAM hanya beberapa yang pasang, itu sama saja, masih sering mati airnya, terlebih kalau kemarau seperti ini. Termasuk di masjid masih sulit, padahal kalau puasa lebih banyak jamaahnya,” katanya, Jumat (25/5/2018).

Ia mengatakan untuk pemenuhan air saat ini pihak masjid membeli dengan uang infaq yang dimiliki masjid. Setidaknya dari awal Ramadan hingga saat ini sudah membeli dua tangki, dengan harga pertangkinya Rp110.000.

Kekeringan semacam ini menurut Ngadiyo memang siklus tiap tahun. Meski begitu ia tetap berharap agar ada pihak yang dapat membantu, untuk kebutuhan air di masjid baik dari pihak swasta maupun pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau instansi lainnya.

Tidak hanya masjid Miftahul Jannah yang mulai kesulitan air, tetapi Masjid Jabal Nur yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Miftahul Jannah diakui Ngadiyo juga sudah kesulitan air. “Begitu juga dengan beberapa masjid lain di Desa Tepus,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement