Advertisement

Sudah Rp42 Miliar TPG yang Cair untuk Guru PNS di DIY

Sunartono
Sabtu, 26 Mei 2018 - 09:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sudah Rp42 Miliar TPG yang Cair untuk Guru PNS di DIY Ilustrasi Guru

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kabid Pendidikan Nonformal dan Informal Disdikpora DIY Yuni Pratiwi menambahkan, hingga kemarin (Jumat) dana yang telah dicairkan ke rekening guru sebesar Rp42 miliar dari total anggaran Rp70 miliar.

Dengan rincian sebesar Rp26,29 miliar telah ditransfer ke 2.232 rekening guru SMA dan Rp16,43 miliar ditransfer kepada 1.464 guru SMK. "Tidak sampai lebaran semua sudah ditransfer ke rekening masing-masing guru," ujarnya, Jumat (25/5/2018).

Advertisement

Yuni menambahkan, anggaran dari pusat yang diberikan untuk memberi Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi guru bersertifikasi di bawah Disdikpora DIY total Rp300 miliar untul 2018. Anggaran itu dicairkan selama empat kali dengan perkiraan sebesar Rp70 miliar dicairkan setiap triwulan.

Khusus untuk pencairan tahap selanjutnya akan ada perbedaan seiring terbitnya Permendikbud No. 12/2018 tentang Juknis Penyaluran TPG, yang menyatakan bahwa guru yang cuti seperti menunggu istri melahirkan atau karena sakit maka TPG tetap diberikan. Berbeda dengan juknis sebelumnya, bagi guru yang cuti maka TPG tidak diberikan.

"Tetapi ini tidak berlaku untuk pencairan triwulan pertama tahun 2018 karena juknis baru saja diundangkan," tegasnya.

Sebelumnya Mantan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Profesor Suyanto mengkritik sertifikasi guru dan pemberian TPG. Mengingat, setelah mendapatkan sertifikasi guru diberikan TPG dengan harapan dapat meningkatkan kualitasnya.

Tetapi, sayangnya, tunjangan yang diberikan tidak ada kaitannya dengan kualitas karena pemanfaatan tunjangan profesi bukan untuk mendukung peningkatan kualitas. Dana yang diberikan tidak sepenuhnya untuk peningkatan kualitas.

"Tidak ada urusannya tunjangan sertifikasi dengan kualitas, karena tunjangan itu lebih banyak jadi pager [untuk membangun rumah] dan Avanza [mobil] tidak jadi kualitas," kata dia saat seminar di UNY belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement