Advertisement

Istri Gus Dur Gelar Sahur Lintas Agama di Halaman Gereja Sleman

Newswire
Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:34 WIB
Nina Atmasari
Istri Gus Dur Gelar Sahur Lintas Agama di Halaman Gereja Sleman Shinta Nuriyah. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Istri mendiang mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah melaksanakan tradisi yang sudah dijalankannya selama 19 tahun.

Ia menggelar kegiatan makan sahur bersama lintas agama di halaman Gereja Santa Maria Assumpta, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (26/5/2018).

Advertisement

"Kegiatan ini sudah saya lakukan sejak mendampingi Gus Dur di Istana Negara dahulu. Jadi, ini sudah saya lakukan sejak 19 tahun yang lalu," kata Shinta Nuriyah di hadapan ratusan peserta sahur bersama yang terdiri atas berbagai elemen lintas agama.

Menurut Shinta, sahur bersama di Gereja St. Maria Assumpta bertujuan membangkitkan rasa persaudaraan, rasa menghormati, menghargai, serta rasa tolong-menolong antarasesama anak bangsa.

"Oleh karena itu, apakah dia [beragama] Islam, Kristen, Hindu, Budha, (suku) Jawa, Madura, Batak, Cina, saya ajak bersama-sama menyelenggarakan sahur bersama," katanya.

Shinta menyayangkan beragam peristiwa kerusuhan, rasa saling curiga, hujatan, dan fitnah hingga teror bom masih muncul di Indonesia.

"Bangsa Indonesia telah kehilangan hati nuraninya, banyak nilai kemanusiaan tercabik-cabik karena keangkaramurkaan," katanya.

Menurut Shinta, itu terjadi karena ikatan tali persaudaraan dan kerukunan yang telah dibangun para leluhur bangsa, termasuk mendiang Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, telah longgar dan diputus oleh bangsa Indonesia sendiri.

"Benang-benang penyulam tali persaudaraan telah tercerabut dan putus-putus karena diputus oleh bangsanya sendiri," kata Shinta.

Dalam acara yang dikawal ketat oleh aparat kepolisian dan puluhan banser tersebut, Shinta mengajak para peserta membedah bersama-sama arti dari kemajemukan dan persatuan dengan melontarkan beberapa pertanyaan singkat kepada peserta.

"Meskipun kita berbeda agama, saya yakin bahwa semua agama mengajak untuk bersatu, hidup rukun, dan damai, saling menghormati dan menghargai," ucapnya.

Shinta menutup acara itu dengan membaca Syi'ir Abu Nawas, meniru kebiasaan Gus Dur diiringi dengan rebana serta doa bersama lintas agama.

Pembantu Kepala Paroki Gereja St. Maria Assumpta Gamping Romo Martinus Joko Lelono mengaku senang dengan acara yang digelar mantan ibu negara tersebut.

Acara itu, menurut dia, menjadi ruang perjumpaan bagi masyarakat yang berbeda agama untuk saling mengenal dan menepis kecurigaan.

"Hari ini kita menyaksikan seorang [mantan] ibu negara hadir untuk menawarkan bahwa sahur pun bisa dilakukan di gereja. Bukan untuk mencampuradukkan masalah agama, melainkan ingin menunjukkan bahwa perbedaan agama bukan menjadi sekat, melainkan justru menjadi pemersatu," kata Romo Martinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement