Advertisement

Tak Ada Lagi Sisa Kuota Haji untuk DIY

Abdul Hamied Razak
Minggu, 27 Mei 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Tak Ada Lagi Sisa Kuota Haji untuk DIY Ilustrasi ibadah haji dan umrah. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 3.131 calon jamaah haji DIY bersama 25 petugas tim petugas haji daerah (TPHD) melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini. Masa pelunasan BPIH sebesar Rp35,97 juta untuk jamaah haji reguler 2018 tahap II sudah ditutup pada Jumat (25/5) lalu.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) DIY Noor Hamid mengatakan seharusnya ada 27 TPHD yang harus dilunasi. Tetapi Pemda DIY hanya mampu melunasi 25 TPHD.

Advertisement

Sisanya, dua orang TPHD dimasukkan kuota jamaah. "Dengan pelunasan BPIH ini, tidak ada lagi sisa kuota haji di DIY. Pada pelunasan tahap II lalu ada 84 cadangan yang sudah lunas membayar BPIH. Tapi hanya 54 di antaranya yang bisa berangkat tahun ini. Hanya tujuh calhaj (calon jemaah haji) yang mengundurkan diri," katanya, Minggu (27/5).

setelah proses pelunasan BPIH ditutup, saat ini Kanwil Kemenag tinggal menunggu koordinasi dengan kelompok bimbingan haji dan Kemenag kabupaten dan kota untuk penyusunan kelompok terbang (kloter). Untuk itu dia menargetkan pada Senin (28/5) kloter sudah harus terbentuk.

Untuk jadwal pemberangkatan ke Arab Saudi, Noor mengaku belum mengetahui tanggal pemberangkatan untuk calon jamaah haji dari DIY. "Tapi berdasarkan jadwal dari Kementerian Agama, secara nasional pada 16 Juli kloter awal sudah masuk embarkasi haji dan keesokan harinya sudah diberangkatkan ke Tanah Suci," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement