Advertisement

Bantul sedang Merancang Festival Batik

Ujang Hasanudin
Kamis, 31 Mei 2018 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Bantul sedang Merancang Festival Batik Ilustrasi batik. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul berencana menggelar festival batik pada Oktober mendatang. Festival tersebut bertujuan untuk menggairahkan kerajinan membatik di Bantul.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Perindustrian Bantul, Sulistiyanto mengatakan batik merupakan salah satu produk unggulan Bantul. Bahkan masuk peringkat keempat setelah mebel, gerabah, dan kulit yang paling tinggi nilai ekspornya.

Advertisement

Seiring dengan perkembangan zaman, pihaknya menginginkan agar desain batik asal Bantul terus berkembang atau tidak hanya monoton. Demikian juga batik sebagai fesyen perlu berkembang agar tetap menjadi daya tarik bagi masyarakat.

"Batik harus bergerak dinamis. Ada batik yang pakem ada yang bisa dikembangkan. Yang dikembangkan misalnya desainnya," kata Sulistiyanto, Rabu (30/5/2018).

Dengan adanya perkembangan desain batik, diharapkan akan menggairahkan para pengrajin, sehingga bisa meningkatkan pendapatan para pengrajin maupun pelaku usaha batik.

Sulistiyanto mengaku belum bisa menggambarkan konsep festival batik yang bakal digelar pertama kalinya itu. Pihaknya masih mengumpulkan banyak masukan dari berbagai pihak. Dalam waktu dekat, ia akan menggelar pertemuan dengan para pelaku dan pengusaha batik di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement