Advertisement

Kanwil Kemenkumham DIY Genjot Kualitas SDM untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 02 Juni 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Kanwil Kemenkumham DIY Genjot Kualitas SDM untuk Tingkatkan Pelayanan Publik Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Gunarso saat membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM dalam Pelayanan Publik Kantor Imigrasi Kelas I Jogja dan Jajaran Kanwil Kemenkumham DIY di Goebog Resto, Komplek Ruko Tandan Raya, Kamis (31/5/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Seluruh aparat di jajaran Kantor Imigrasi Jogja diharapkan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Gunarso mengatakan pembinaan sumberdaya manusia (SDM) penting dilakukan untuk peningkatan kinerja. Sebuah kualitas instansi tidak akan baik kalau tidak dilengkapi dengan SDM yang berkualitas, berkompeten dan memiliki kreadibilitas yang baik.

Advertisement

"Maka membangun dan membina SDM penting dilakukan," katanya di sela-sela Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM dalam Pelayanan Publik Kantor Imigrasi Kelas I Jogja dan Jajaran Kanwil Kemenkumham DIY di Goebog Resto, Komplek Ruko Tandan Raya, Kamis (31/5/2018).

Apalagi, kata Gunarso saat ini merupakan bulan Ramadan sehingga dinilai baik untuk membangun karakter dan tingkat ketakwaan yang paling baik. Artinya, jika sisi kerohanian aparat bagus diharapkan bisa berdampak pada sisi kinerjanya. "Kalau dikaitkan dan diimplementasikan pada tingkat kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan diharapkan itu lebih baik," harapnya.

Gunarso mengatakan, banyak upaya pembinaan dan peningkatan kapasitas SDM yang dilakukan Kemenkumham DIY. Salah satunya dengan kegiatan outbond untuk membangun kebersamaan. "Itu semua dilakukan untuk peningkatan kapasitas buildingnya. Masih banyak yang harus ditingkatkan terutama terkait kapasitas kompetensi, minimal dipelihara tidak turun," ujarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Jogja Syafrial berharap para aparat di Keimigrasian bisa meningkatkan kinerjanya setelah diberi pembinaan rohaninya. "Misalnya mengambil sisi kedisiplinan sebagaimana diutarakan dalam ceramah tadi. Kalau petugas bisa disiplin, maka layanan dan kinerjanya bisa lebih baik lagi," katanya.

Keimigrasian, katanya, memiliki tugas untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu yang dilakukan tahun ini adalah pemberian layanan kepengurusan imigrasi secara online. "Ini dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement