Advertisement

Sambut Wisatawan, Jip di Tebing Breksi Wajib Jalani Uji Kelaikan

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 11 Juni 2018 - 12:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sambut Wisatawan, Jip di Tebing Breksi Wajib Jalani Uji Kelaikan Salah satu mobil jip diparkir di dekat Taman Tebing Breksi, Sabtu (9/6 - 2018).Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengelola jip di Taman Tebing Breksi mulai melakukan uji kelaikan untuk menyambut lonjakan wisatawan saat libur Lebaran. Keamanan menjadi prioritas bagi pengelola.

Ketua Pengelola Taman Tebing Breksi, Kholiq Widianto, mengatakan Indonesia Offroad Federation (IOF) mengirimkan surat edaran kepada pengelola jip di Taman Tebing Breksi agar melakukan uji kelaikan jip yang dioperasikan. "Baru dua hari lalu ada pemberitahuan dari IOF agar jip yang beroperasi diuji kelaikan untuk menyambut libur Lebaran," kata Kholiq kepada Harian Jogja, Sabtu (9/6/2018).

Advertisement

Kholiq mengatakan total ada 70 unit mobil jip yang beroperasi di Taman Tebing Breksi. Menurutnya, biasanya pemilik jip akan melakukan pemeriksaan menjelang Lebaran di bengkel yang sudah direkomendasikan oleh IOF dan pemilik jip. Pengelolaan jip di Taman Tebing Breksi sudah berbadan hukum yaitu koperasi.

"Nantinya akan ada lonjakan kenaikan jumlah kunjungan di Taman Tebing Breksi, dari yang biasanya hanya sebagian saja yang beroperasi, nantinya diprediksi semuanya beroperasi, bahkan jika berkaca tahun lalu, satu jip bisa sampai tiga hingga empat kali jalan dalam satu hari," kata Kholiq.

Menurut Kholiq, berbeda dengan jip di Lava Tour Merapi, jip di Taman Tebing Breksi terhimpun dalan satu komunitas. Rute yang bisa diambil oleh wisatawan yang menjajal jip ini beragam, setelah dari Taman Tebing Breksi wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Candi Ijo, Candi Banyunibo, atau juga Candi Plawangan.

Kholiq mengatakan nanti setelah dilakukan uji kelaikan, jip akan dipasangi stiker. "Nanti kalau belum lulus, tidak ada stikernya, tidak boleh mengangkut penumpang," katanya. Menurutnya, yang paling diutamakan pada uji kelaikan adalah kondisi mesin dan faktor keamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement