SMAN 1 Pakem Gelar Doa Lintas Iman

Sejumlah pemuka agama memimpin doa lintas iman di SMAN 1 Pakem, Sabtu (9/6/2018). - Ist/SMAN 1 Pakem
11 Juni 2018 13:10 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--SMAN 1 Pakem menggelar doa lintas iman untuk menyongsong Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018. Kegiatan ini sekaligus menanamkan keberagaman itu digelar di Aula SMAN 1 Pakem dengan melibatkan ratusan siswa, orang tua siswa dan tokoh masyarakat, Sabtu (9/6/2018) sore.

Kepala SMAN 1 Pakem Kristya Mintarja menjelaskan doa lintas iman jelang PPDB ini merupakan kali kedua digelar. Kegiatan itu merupakan upaya vertikal yang dilakukan sistem persekolahan di SMAN 1 Pakem dengan harapan dapat menghasilkan peserta didik baru yang sesuai harapan.

"Selain melakukan usaha, kami meyakini doa itu tetap menjadi kekuatan, makanya kami melakukan dengan lintas iman," kata Kristya melalui ponselnya, Sabtu (9/6/2018).

Ia menambahkan doa lintas iman jelang PPDB itu merupakan kedua kalinya digelar setelah 2017 silam. Jumlah rohaniawan yang memimpin hanya diwakili tiga agama sesuai dengan yang dipeluk seluruh siswa di SMAN 1 Pakem, yaitu Kristen, Katolik dan Islam. Kristya memastikan pemuka dari ketiga agama tersebut hadir memimpin doa.

"Jumlah yang hadir sekitar 350 dari siswa kelas X dan XI, orang tua siswa dan tokoh masyarakat. Dari awal semangat spiritual tetap kami upayakan, tentu dengan keberagaman latar belakang siswa," ucapnya.

Ia menambahkan respons orang tua siswa terhadap kegiatan doa lintas iman itu sangat positif. Terbukti sebagian besar orang tua siswa menghadiri acara tersebut. Selain sebagai salah satu rangkaian PPDB 2018, doa lintas iman digelar sebagai salah satu implementasi keberagaman dalam menerapkam nilai Pancasila di SMAN 1 Pakem. Melalui doa bersama diharapkan dapat menciptakan suasana kebersamaan baik di kalangan siswa dan orang tua sehingga ketika ada perbedaan bisa disikapi secara bijak.

"Kami berupaya memfasilitasi semua agama yang dipeluk siswa kami, di sanalah ada aktualisasi pancasila," katanya.

Dalam PPDB 2018, SMAN 1 Pakem mendapatkan kuota 160 kursi, terdiri ataa tiga kelas jurusan IPA dan dua kelas jurusan IPS.