Lebaran, Waspada Diare dan Tifus

Ilustrasi. - Ist/AkClinics
12 Juni 2018 20:20 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA--Lebaran sudah dekat, Dinas Kesehatan DIY mengimbau masyarakat untuk mewaspadai datangnya berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan seperti diare dan tifus.

"Saya mengimbau masyarakat terkait penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti diare dan tifus, harus diwaspadai. Kalau obat stoknya aman. Petugas kesehatan ada yang stand by di puskesmas," Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaningastutie, Selasa (12/6/2018).

Pembayun menjelaskan, saat cuti bersama ini tidak semua puskesmas buka 24 jam. Puskesmas yang buka 24 jam hanyalah puskesmas rawat inap.

Sedangkan puskesmas rawat jalan hanya buka di hari-hari tertentu. Tapi, mulai tanggal 12 hingga 17 Juni, akan selalu ada petugas yang berjaga di puskesmas rawat jalan.

Selain menyiagakan petugas kesehatan di puskesmas, Pembayun mengatakan Dinas Kesehatan DIY juga menyiapkan petugas untuk berjaga di posko Lebaran yang jumlahnya mencapai 49 posko.

"Posko sudah terpadu dengan Polda, PT. dan PMI. Nanti ada petugas kesehatan, tapi untuk dokter tidak ada di semua posko, hanya ada di posko daerah-daerah tertentu saja," jelas Pembayun

Adplus Tokopedia