Asyik, Libur Lebaran, Warga Jogja Tetap Bisa Mengakses Layanan Kependudukan

Warga datang mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil Jogja selama musim libur Lebaran tahun ini, Selasa (11/6/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
12 Juni 2018 14:20 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jogja selama liburan atau cuti bersama Hari Raya Idulfitri tetap membuka pelayanan. Dalam layanan yang dibuka sejak Selasa (12/6) hingga Kamis (14/6) mulai 08.00 hingga 12.00 WIB, warga bisa mengurus akta dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Kepala Disdukcapil Jogja Sisruwadi mengatakan layanan tersebut dibuka untuk memberi kesempatan kepada agar bisa mengurus dokumen kependudukan. Pelayanan yang diberikan meliputi rekam cetak KTP elektronik, cetak KK, pindah datang, cetak KIA, permohonan akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian dan akta perkawinan.

"Warga bisa mengurus dokumen kependudukan sebelum ke luar kota. Ini juga kesempatan bagi pemudik yang hanya memiliki kesempatan di hari libur ini," katanya, Selasa (11/6).
Dia berharap masyarakat yang memerlukan dokumen kependudukan bisa terlayani pada tiga hari sebelum Lebaran ini.

"Warga yang sampai sekarang belum melakukan perekaman atau mungkin mau cetak e-KTP bisa memanfaatkan. Ini momentum yang baik," katanya.

Menurut Sisruwadi animo warga memanfaatkan layanan di hari libur ini cukup tinggi. Bahkan jumlahnya diklaim naik dua kali lipat dari hari biasanya. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, katanya, pelayanan di hari libur ternyata cukup berdampak positif bagi warga.

Banyaknya warga yang datang mengurus dokumen di hari libur lantaran informasi pelayanan ini disebarluaskan hingga tingkat RT. Karenanya, komposisi petugas yang melayani pun lengkap. Termasuk peralatannya, mulai jaringan, blangko KTP, film, dan blangko. "Untuk layanan rekam cetak e-KTP semua operator di kecamatan kami pindah ke dinas," katanya.

Heru Prasetyo, warga Mujamuju, Kecamatan Umbulharjo mengaku terbantu dengan layanan di masa libur Lebaran ini. Apalagi, dia sedang mengurus percetakan eKTP yang hilang. "Kemarin sempat mengurus surat kehilangan dari kepolisian. Ini baru diajukan percetakan ulang," katanya.