Jalan Padat Kendaraan, Bus Terlambat Tiba di Terminal Giwangan hingga Berjam-jam

Arus mudik di Terminal Giwangan. - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak
13 Juni 2018 06:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sekitar 20.000 pemudik diperkirakan tiba di Terminal Giwangan Jogja, Rabu (13/6/2018). Adapun jumlah pemudik yang berangkat dari terminal tipe A ini pada hari yang sama diperkirakan sebanyak 19.000 orang.

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Jogja Bekti Zunanta mengatakan Rabu (13/6/2018) atau H-2 menjadi puncak arus mudik untuk penumpang angkutan bus. Sebagian besar penumpang datang dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Sejak awal kami perkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-2. Ini juga pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya," kata Bekti kepada Harianjogja.com.

Hingga H-3 lebaran, kata Bekti, pelayanan di Terminal Giwangan terlihat cukup lancar. Pihaknya tidak menemukan adanya penumpukan penumpang meskipun sempat terjadi keterlambatan bus yang masuk ke terminal. Keterlambatan tersebut terjadi lantaran jalur mudik angkutan lebaran menuju ke terminal dipadati kendaraan pemudik lainnya.

Menurutnya, bus baik yang datang dari arah timur maupun dari arah barat mengalami keterlambatan. Bahkan, sempat ada kekosongan bus tujuan Surabaya selama dua jam, namun semuanya kembali lancar. "Bus terlambat sekitar dua hingga tiga jam. Ini dikarenakan lalu lintas di sepanjang jalur yang dilalui cukup padat,” katanya.