Pemudik ke Gunungkidul paling Banyak Naik Sepeda Motor

Lalu lintas di ruas jalan utama Gunungkidul. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
13 Juni 2018 10:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Memasuki H-3 Lebaran, jumlah kendaraan pribadi dan umum yang menuju Gunungkidul mulai alami peningkatan. Sepeda motor mendominasi jumlah tersebut.

Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul mencatat 101.953 kendaraan telah memasuki Bumi Handayani pada 8 hingga 12 Juni sampai pukul 08.00 WIB. Sebanyak 71.336 di antaranya merupakan sepeda motor.

Rincian jenis kendaraan dari jumlah tersebut adalah sepeda motor, 71.336; mobil pribadi, 21.848, kendaraan roda tiga, 47; mobil penumpang umum, 663; bus kecil, 303; bus sedang, 308; bus besar, 464; mobl pickup, 3.616; truk kecil, 512; truk sedang, 2.634; truk besar, 192; dan sepeda ontel,28.

Jumlah itu diperoleh dari pendataan Dishub Gunungkidul di pos mandiri yang berlokasi di jalan Jogja-Wonosari, Desa Patuk Kecamatan Patuk. Tepatnya sebelum gapura pintu masuk Gunungkidul.

Meski ada peningkatan, diketahui arus lalu lintas khususnya jalur utama Jogja-Wonosari terpantau ramai lancar. Kepala Dishub Gunungkidul, Syarif Armunanto mengatakan, perkiraan puncak arus mudik terjadi pada Rabu (13/6/2018) mendatang.

Dishub lanjut Syarif telah menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas. Penanganan dan pengawasan terutama dilakukan di pintu masuk barat yakni Jalan Piyungan-Sorogedug-Jembatan sembada handayani-Nglanggeran-Wonosari.

"Tahun sebelumnya jembatan Sembada-Handayani ini belum ada. Saat ini bisa jadi salah satu alternatif," kata Syarief.

Jalan Piyungan-Petir Orooro-Nglanggeran-Wonosari, lalu Cinomati-Dlingo-Getas-Playen-Wonosari juga menjadi jalur alternatif. Namun ketiga jalan tersebut tidak dirkomendasaikan untuk angkutan besar.

Selain itu, Imogiri-Dlingo/Mangunan-Getas-Playen-Wonosari, Bantul-Panggang-Saptosari-Paliyan-Wonosari. Pintu masuk utara, Gedangsari-Nglanggeran-Wonosari tidak rekomendasi kendaraan besar, lalu Gedangsari-Nglipar-Wonosari, dan Cawas-Ngawen/Semin-Karangmojo/Nglipar-Wonosari

Untuk pintu masuk timur bisa melalui Sukoharjo-Candirejo-Semin-Karangmojo-Wonosari atau Manyaran-Semin-Karangmojo-Wonosari, bisa juga melaluiPracimantoro-Bedoyo-Semanu-Wonosari.