Advertisement

Bus Pemudik yang Masuk Gunungkidul Mayoritas dari Program Mudik Gratis

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 13 Juni 2018 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Bus Pemudik yang Masuk Gunungkidul Mayoritas dari Program Mudik Gratis Terminal Dhaksinarga. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Dishub Gunungkidul mendata kedatangan bus di Terminal Dhaksinarga, Wonosari hingga H-4 Lebaran, Selasa (12/6/2018) sebanyak 1492. Rinciannya yakni AKAP 627 dan AKDP 865. Sementara untuk Terminal Semin kedatangan bus AKAP sebanyak 676 dan AKDP ditambah Angkudes berjumlah 147.

Adapun untuk total jumlah penumpang di kedua terminal tersebut sebanyak 2.452 orang.

Advertisement

Pengelola Teknologi Informasi UPT Terminal Dhaksinarga, Bayu Setiawan mengatakan sebagian besar bus yang masuk merupakan bus carteran mudik gratis yang digelar Kementrian Perhubungan, BUMN, maupun swasta. "Pagi tadi ada 15 yang datang, kalau ditoral kisaran 50 an," ungkapnya, Selasa.

Bayu mengaku hingga hari ini masih sedikit bus di luar program mudik gratis yang masuk ke terminal. Kebanyakan bus tersebut langsung turun ke pul atau garasi yang telah disediakan pengelola bus.

Padahal pihaknya telah mengimbau untuk menurunkan penumpangnya di terminal. Hal ini agar memudahkan untuk pemantauan, dan keamanan para pemudik.

Namun meski begitu dia tidak menyalahkan pihak manapun. Sebab dari sepengetahuannya tujuan bus menurunkan penumpang di pool masing-masing juga demi kenyamanan penumpangnya.

"Ya memang ada penumpang yang minta turun di pool sebab memang kebanyakan sudah disediakan mobil shuttle untuk mengantar mereka [penumpang] sampai rumah," ujarnya.

Statemen petugas terminal Dhaksinarga itu diamini operasional PO Maju Lancar, Sigit Prabowo. Dia mengatakan dalam menurunkan penumpang kebanyakan dilakukan di pul. Sebab hal itu menyesuaikan keinginan penumpang.

"Kalau langsung ke terminal justru penumpang kurang berkenan sebab di sana nanti malah bingung mau pulang ke rumahnya pakai apa, sementara kalau di kami sudah tersedia shuttle untuk mengantar mereka," ucapnya.

Kendati demikian Maju Lancar juga tetap mengantarkan penumpang yang ingin turun ke terminal.

Adapun untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran, PO Maju Lancar khususnya yang berlokasi di kantor pusat beralamatkan Jl Wonosari - Jogja Km. 2.5, Siyono, Playen ini menyediakan 25 bis reguler. Jika kurang nanti sudah disiapkan tambahan bis wisata berjumlah 13. Lalu tambahan enam lagi dari operator bis lain.

Sigit mengungkapkan jumlah penumpang bis Maju Lancar yang datang dari Minggu (10/6/2018) hingga Selasa ini berkisar 4.000. Sementara rata-rata tiap bis yang masuk 20 per harinya.

Dimungkinkan puncak arus mudik versi Maju Lancar adalah H-2 hingga H-1 Lebaran. "Saat ini grafik jumlah penumpang terus naik. Kemungkinan puncaknya adalah tanggal 14 Juni nanti," ujar Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement