Sopir Belum Mahir Menyetir, Avanza Nyaris Masuk Jurang di Pengasih

Proses evakuasi mobil Toyota Avansa yang nyaris masuk jurang di Jalan Dipoyono, Tobanan, Pengasih, Rabu (13/6 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya
13 Juni 2018 19:15 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gara-gara sang sopir belum mahir mengemudi, sebuah mobil Toyota Avanza nyungsep di pinggir Jalan Dipoyono, Dusun Tobanan, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih atau 100 meter sebelah selatan perempatan Serut, Pengasih. Mobil bernomor polisi AB 1756 MC tersebut nyaris masuk jurang di pinggir jalan, Rabu(13/6/2018).

Menurut pengakuan pengemudi nernama Indah Sulistyaningsih, 46, warga Margosari, Pengasih, saat kejadian dirinya tergesa-gesa saat mengemudikan mobil. Indah mengaku saat itu dirinya hendak melaju ke arah utara selepas parkir di tepi jalan. Karena terlalu dalam menginjak pedal gas, mobil melaju kencang dan tak terkendali. "Saya memutar setir kemudi terlalu ke kanan, dan menginjak pedal gas terlalu dalam," katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Alhasil, mobil berwarna hitam itu langsung nyungsep dan nyaris masuk ke jurang. Sebuah pohon di pinggir jurang berhasil menahan mobil, dan membuat ban belakang mobil masih berada di bahu jalan.

Kapolsek Pengasih, Kompol Salim, menyatakan evakuasi dengan menarik mobil menggunakan sebuah truk membutuhkan waktu sekitar satu jam. Evakuasi dilakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. "Proses evakuasi menjadi tontonan warga. Hal ini membuat personel kami kewalahan menertibkan pengguna jalan yang sengaja berhenti untuk melihat evakuasi," ujar Salim.

Kompol Salim menyatakan kecelakaan terjadi karena pengemudi mobil belum terbiasa mengemudikan mobil itu. "Kemungkingan baru belajar. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Kalau belum bisa atau lupa cara mengemudi mobil, mohon belajar lagi, jangan langsung turun ke jalan," katanya.

Adplus Tokopedia