Malam Takbir di Bantul, Polisi Alihkan Satu Titik

Takbir keliling. /Harian Jogja - Desi Suryanto
14 Juni 2018 16:00 WIB Herlambang Jati Kusumo Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Satu titik arus lalu lintas akan dialihkan saat perayaan malam takbir, Kamis (14/06/2018) di Bantul. Pengalihan arus tersebut akan dilakukan sementara selama takbir keliling melintas jalan tersebut.

“Untuk prediksi titik macet tidak ada, tetapi untuk pengalihan akan dilakukan sebentar yaitu di simpang empat Klodran Bantul yang arah ke utara, akan dialihkan ke timur sementara nanti saat rombongan takbir melintas. Setelah itu akan kembali normal,” kata Kasatlantas Polres Bantul AKP Cerryn Nova Madang Putri.

Sebenarnya pihak kepolisian sudah mengimbau untuk melakukan takbir di tempat, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Tetapi kami juga tetap siaga nanti, kami sebar personel. Nanti kami akan melakukan apel pukul 18.30 WIB,” ujarnya.

Dihubungi terpisah Humas, Kementrian Agama (Kemenag), Bantul, Ponijo mengatakan untuk perayaan malam takbir selama ini cenderung kondusif, minim gangguan.

“Pesan Pak Kepala Kemenag Bantul agar selalu aktif kegiatan keagamaan, agar menjaga kondusivitas. Tidak perlu menyalakan kembang api petasan, yang justru menimbulkan tidak kenyamanan. Walaupun keliling tetap menjaga keamanan jangan menganggu pengguna jalan,” katanya.

Ia mengharpkan juga tidak muncul ujaran kebencian dalam kegiatan keagamaan. “Itu [takbir] juga dalam rangka syiar Islam jadi harus disampaikan dengan baik,” ujarnya.